Bosan, bad mood, bahkan kantuk kadang datang saat tidak diinginkan, menjengkelkannya lagi rasa tersebut muncul di saat pekerjaan sedang menumpuk. Hati-hati, rasa bosan juga bisa menimbulkan stres yang kemudian memicu datangnya penyakit. Apa yang harus dilakukan?

Semua orang pasti pernah merasakan jenuh dalam berbagai situasi, tak terkecuali Anda bukan? Jangan khawatir, hal itu sangatlah wajar dirasakan setiap orang. Sama halnya dengan pekerjaan, banyak orang mengeluhkan, pekerjaan yang saat ini tengah dijalaninya menjadi sangat menjenuhkan apalagi muncul ketika pekerjaan sedang menumpuk. Bahkan terkadang, rasa jenuh itu memaksa ‘keluar’ untuk mencari hal baru termasuk mengganti pekerjaan. Terlalu terburu-buru jika Anda memutuskan atau memilih pemikiran tersebut, pasalnya segala situasi bisa saja menjadi tidak nyaman ketika Anda sedang tidak menikmatinya.

Jenuh memang sangat mengganggu, apalagi bisa menurunkan kinerja. Hati-hati kondisi ini dapat memicu stres yang akhirnya dapat merugikan kesehatan Anda.

Ingin tetap bisa menjalankan karir dan memulainya dengan semangat, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengusir jenuh, dan mengurangi tingkat stres agar kembali nyaman. Berikut hal-hal kecil yang bisa mengembalikan rasa nyaman dan kembali beraktivitas.

6 Langkah Atasi Stres

  1. 5 menit untuk meregangkan otot Anda bisa mencoba untuk istirahat sejenak dari pekerjaan yang menumpuk. Cara sederhana ini dapat Anda lakukan untuk mengembalikan mood. Mulailah dengan melenturkan otot-otot tubuh, dengan begitu sirkulasi darah bisa kembali lancar sehinga aliran darah yang mengalir ke otak dan membuat tubuh fit kembali. Sesekali beranjak dari meja kerja Anda, buang penat dengan buka obrolan dengan rekan kerja meski hanya menyapa.
  2. Berkomunikasi Bertukar pikiran atau ngobrol dengan rekan kerja tidak dilarang di setiap perusahaan. Sesekali bercanda dengan teman dari divisi lain atau seruangan. Cara ini tidak hanya bisa membuat pengalihan pikiran sejenak, tapi obrolan lucu yang mengundang tawa pun bisa menghilangkan rasa bosan maupun kantuk. Tapi harus diingat tentunya, terlalu banyak ngobrol atau bercanda bisa menggangu pekerjaan, jadi lakukanlah sesekali.
  3. Menghela nafas dalam-dalam Cara lain menetralkan penat adalah menghela napas dalam-dalam. Ambil napas lalu buang lewat mulut. Tutup mata dan pusatkan pikiran Anda pada napas lalu buang melalui mulut. Lakukan cara ini selama lima menit. Menarik napas dengan cara ini dapat membantu Anda meredakan syaraf-syaraf otak yang tegang, Anda pun bisa kembali fokus dalam bekerja.
  4. Mendengarkan musik Saat kondisi tidak memungkinkan untuk beranjak dari meja kerja, cobalah untuk memanjakan diri dengan mendengarkan musik. Pilihlah musik yang santai dan lembut. Cara ini akan membuat Anda sedikit tenang dan rileks.
  5. Minum hangat Minumlah minuman hangat untuk mengembalikan mood Anda yang kurang baik. Bagi yang suka kopi, coba atasi jenuh dan kantuk dengan secangkir kopi. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat membantu Anda mengatasi kantuk. Tapi jika Anda tidak suka kopi, bisa memilih teh hangat untuk penggantinya. Teh juga bisa membuat suasana otak menjadi lebih tenang.
  6. Manfaatkan waktu istirahat Di sela-sela jam istirahat manfaatkan waktu dengan baik. Jika badan terlalu letih, ada baiknya istirahatkan tubuh sejenak. Atau untuk mengusir jenuh sempatkan diri keluar kantor untuk mencari jajanan favorit bersama rekan kerja. Cara ini bisa membuat Anda sejenak melupakan rutinitas pekerjaan dan rasa bosan yang mungkin sedang dihadapi.

Tak ada salahnya mencoba melakukan hal-hal kecil di atas untuk mengembalikan suasana hati Anda agar lebih semangat lagi. (Kabari1001)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here