Wabah Corona telah membuat kita ragu-ragu untuk berkunjung ke dokter atau rumah sakit. Kita telah menunda kunjungan ke dokter atau menganti kunjungan fisik dengan kunjungan virtual dengan tujuan untuk menjauhkan diri dari virus dengan berdiam di rumah. Memang penting untuk tetap waspada dengan cara membasuh tangan dengan sempurna, menahan diri untuk tidak menyentuh wajah, dan memakai masker saat keluar. Yang tak kalah pentingnya adalah selalu waspada ketika Anda benar-benar membutuhkan bantuan medis untuk situasi darurat.

Beberapa gejala mengharuskan perawatan medis. Para dokter, perawat dan staf lain di instalasi gawat darurat kami telah terlatih untuk memberikan perawatan sambil tetap memperhatikan keselamatan pasien kami. Mereka siap bergerak cepat ketika situasi mendesak. Kapan Anda musti menelpon 911 atau masuk ke Emergency Room? Kami berkonsultasi dengan salah satu dokter terpercaya dari UCSF Health, Dr. Jacqueline Nemer. Inilah 12 gejala yang menurut Dr. Nemer tidak boleh Anda abaikan, bahkan di saat wabah ini.

1. Nyeri yang tiba-tiba di bagian dada, punggung atau leher

Rasa sakit, sesak atau nyeri di dada, punggung, rahang, leher atau di sepanjang tangan yang datang dengan tiba-tiba dan berlangsung lebih dari beberapa menit, atau yang hilang lalu kembali lagi, mungkin menandakan serangan jantung.

Tidak semua orang akan merasakan serangan jantung di dada. Wanita, terutama, sering mengalami tanda-tanda lainnya. Tanda-tanda lain itu termasuk rasa sakit di rahang, leher atau tangan; sesak nafas; pening atau pusing; mual atau gangguan pencernaan; keletihan; atau keringat dingin. Tentu saja, ada banyak penyakit selain serangan jantung yang dapat menyebabkan gejala-gejala ini. Segeralah ke Ruang Gawat Darurat apabila gejala-gejala yang Anda alami di atas baru, berlangsung lebih dari beberapa menit, atau hilang dan kembali.

2. Perubahan tiba-tiba dalam perilaku ataupun fungsi tubuh

Beberapa gejala mental dan fisik mungkin menandakan Anda terkena stroke, epilepsi atau penyakit serius lainnya. Yang termasuk gejala-gejalanya adalah kebingungan; hilangnya koordinasi tubuh; hilangnya kekuatan; hilangnya keseimbangan; kesulitan berbicara; dan wajah yang terkulai.

3. Pening atau pingsan

Jika Anda mengalami pingsan, pening, pusing, atau masalah-masalah keseimbangan atau merasa dunia berputar, Anda perlu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan profesional. Gejala-gejala ini memiliki beragam penyebab yang dapat ditangani di Ruang Gawat Darurat.

4. Tiba-tiba kehilangan penglihatan

Hilangnya penglihatan yang tiba-tiba di salah satu atau kedua mata, dengan atau tanpa rasa sakit, bisa jadi tanda dari stroke atau penyumbatan parah aliran darah ke mata.

5. Rasa sakit kepala yang hebat

Sakit kepala yang amat sangat dan tiba-tiba atau sakit kepala yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya mungkin menandakan penyakit yang serius, termasuk stroke, tekanan darah tinggi yang berbahaya, aneurisma (pembengkakan pembuluh darah) atau infeksi.

6. Rasa sakit yang amat sangat di bagian perut

Beberapa penyakit darurat (di antaranya radang usus buntu, radang pankreas, penyakit radang usus (inflammatory bowel disease, IBD), divertikulitis, penyumbatan atau infeksi usus) memiliki gejala rasa sakit luar biasa di bagian perut yang datang tiba-tiba atau perlahan-lahan tetapi menjadi makin sakit, disertai gejala-gejala lain seperti mual, muntah, diare, perut sensitif, bengkak, atau buang air besar berdarah.

7. Bengkak di wajah atau mulut

Bengkak yang tiba-tiba di wajah, bibir atau tenggorokan, atau tiba-tiba susah menelan, bernafas atau berbicara, dapat menjadi tanda-tanda reaksi alergi yang parah. Bahkan jika Anda memakai EpiPen, Anda tetap harus ke Ruang Gawat Darurat karena kondisi ini dapat memburuk dengan cepat.

8. Muntah atau diare yang tak terkendali

Muntah atau diare yang tak terkendali, apalagi jika Anda kehilangan cairan tubuh melebihi yang Anda konsumsi, dapat menyebabkan dehidrasi parah dan kehilangan elektrolit parah. Anda mungkin membutuhkan penanganan medis seperti pengobatan untuk mengendalikan gejala-gejalanya dan cairan-cairan intravena.

9. Demam yang tak cepat sembuh

Jika Anda mengalami demam yang tidak dapat disembuhkan dengan obat-obatan warung (terutama jika Anda juga merasakan rasa sakit, bintik-bintik merah pada kulit atau gejala infeksi apapun), segeralah berkonsultasi dengan dokter.

10. Bintik merah pada kulit yang makin parah

Bintik merah yang sakit yang dengan cepat memburuk dapat menandakan infeksi serius.

11. Perubahan pada detak jantung

Jika Anda tiba-tiba merasakan bahwa jantung Anda berdetak lebih cepat atau lebih lambat dari biasanya, atau berdetak tidak teratur, dan perasaan ini tidak segera hilang, Anda musti segera diperiksa di Ruang Gawat Darurat, terutama jika Anda juga mengalami pening, pusing, sesak nafas atau nafas sakit.

12. Tiba-tiba mengeluarkan darah

Jika Anda keluar darah yang tak terkendali dari hidung, gusi, atau dari luka, atau jika Anda melihat darah di muntah, kencing, atau buang air besar, segeralah ke Ruang Gawat Darurat. Pendarahan baru harus diperiksa oleh tenaga kesehatan profesional, terutama jika disertai gejala-gejala lain seperti pening, pusing atau rasa lemah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here