Di bulan-bulan menjelang akhir tahun di Amerika Serikat sangatlah sibuk. Bagaimana tidak, dua hari libur nasional terbesar Thanksgiving dan Natal jatuh berdekatan, hanya beda satu bulan. Entah karena terlalu capai akibat bepergian perjalanan jauh, mengeluarkan uang banyak demi belanja kado Natal, atau bahkan udara dingin yang menyebabkan Anda dan anggota keluarga terkena flu.

Menurut riset Departemen Kesehatan AS, pada periode ini banyak orang mengalami kenaikan berat badan, akibat mengonsumsi makanan tinggi kalori secara berlebihan. Maka disarankan untuk lebih bijaksana dalam memilih makanan. Pilihlah bahan makanan yang mengandung protein dan vitamin, serta rendah kalori demi menjaga kesehatan tubuh Anda.

Di bawah ini ada tips singkat bahan makanan apa saja yang mampu mengurangi tingkat stres Anda selama musim libur.

Bayam: Daun berwarna hijau ini mengandung magnesium, mineral yang mampu membunuh efek-efek penyebab stres, dengan cara mencegah tekanan darah meninggi.

Jeruk: Bagi yang memiliki tubuh sehat namun terpapar virus flu atau pilek, memiliki kemungkinan besar untuk tertular virus tersebut dalam keadaan tertekan dan stres. Dengan cara memakan buah atau jus jeruk dalam jumlah yang banyak dan teratur, otomatis Anda mengonsumsi Vitamin C, yang merupakan obat alami flu paling tokcer. Karena zat citrus yang terkandung di dalamnya mampu membantu tubuh melawan infeksi.

Ikan: Zat Omega-3 fatty acids yang terkandung dalam jenis ikan seperti salem (salmon) dan tongkol (tuna) dapat meredakan stres dan kegelisahan. Selain itu, mampu juga menghancurkan lemak dalam tubuh yang akhirnya menolong menurunkan kolesterol.

Gandum: Oatmeal atau gandum memiliki kadar Vitamin B yang mampu menstimulasi produksi serotonin. Kandungan tersebut sangat penting bagi tubuh karena merupakan neurotransmit yang mentransfer sinya-sinyal menenangkan otak.

Cokelat: Komponen yang terkandung dalam buah cocoa dapat membuat otak untuk memproduksi sel-sel penimbul rasa tenang, rileks, dan bahagia.

Cegah Flu Dengan Konsumsi Makanan

Aah virus flu…Penyakit yang satu ini memang sulit dihindari di musim dingin. Panas demam, hidung ingusan, bersin-bersin, sampai batuk sepertinya menjadi gejala biasa terutama bagi yang tinggal di daerah lebih dingin. Virus flu gampang ditularkan melalui udara. Maka penting sekali pada musim dingin Anda sekeluarga mengambil vaksinasi flu (flu shots tersedia di berbagai macam klinik dan farmasi). Akan tetapi jika Anda sudah terlanjut terkena, selain minum obat penyembuh flu, Anda juga wajib mengonsumsi diet yang cocok ketika sakit flu.

Chicken Soup/ Sup Ayam

Ini bukan mitos tapi fakta bahwa sup ayam mampu menyembuhkan flu dan pilek. Sebuah mangkuk sup ayam yang panas mampu mengurangi dan mencairkan kadar lendir yang terdapat di hidung dan tenggorokan Anda. Tambahkan berbagai macam sayur-sayuran ke dalam sup Anda seperti wortel, jagung, kentang, kacang polong, bayam, untuk mendapatkan vitamin dan anti-oksidan.

Green Tea/ Teh Hijau

Kegunaan teh hijau banyak sekali, salah satunya teh yang bahasa Jepangnya Ocha ini memiliki zat anti-viral melawan influenza dalam jumlah banyak. Teh hijau memiliki sel pembunuh bakteri di dalam virus, dikarenakan terdapatnya level tinggi sel catechin dan flavonoid (kedua sel ini diambil dari tumbuh-tumbuhan) di dalam anti-viral tersebut. Selain itu, teh hijau mampu mengurangi diabetes, mencegah stroke, menghancurkan lemak, serta menurunkan kadar kolesterol.

Sayuran mengandung Zat Quercetin seperti Apel, Bawang, Brokoli, dan Tomat

Zat Quercetin merupakan semacam zat flavonoid penimbul warna di dalam sayuran dan buah-buahan. seperti apel, bawang, brokoli, dan tomat. Perbanyak mengonsumsi sayuran dan buah-buahan tersebut jika sedang sakit Flu. Kalau bisa, beli yang organik.

Vitamin D seperti Ikan, Susu, Yogurt, Tahu-Tempe, Dan Sereal

Di samping minum vitamin D, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin yang baik untuk pertumbuhan anak dan kekuatan tulang ini. Ikan tongkol, salem, sarden, susu sapi maupun kedelai, dan sereal merupakan bahan makanan yang banyak mengandung vitamin D. Vitamin D menawarkan semacam proteksi terhadap flu H1N1, sebab vitamin ini mengandung zat-zat anti-microbial bagi tubuh Anda. Zat microbial inilah yang dapat membunuh micro-organisme seperti bakteri, virus, serta jamur.

Lada/ Cabai seperti Jalapenos, Serranos, Paprika

Cabai pedas bukan hanya bisa melegakan hidung tersumbat dan mencairkan lendir, cabai juga merupakan sumber vitamin C yang baik. Cabai telah terbukti dapat mengurangi pneumonia atau demam tinggi yang berkepanjangan saat flu menyerang. Jika Anda tidak kuat makan pedas, jenis cabai manis seperti paprika juga mengandung vitamin C, sama halnya dengan buah jambu, kiwi, stroberi, pepaya, timun suri, dan kol.

Sumber: John La Puma, M.D., penulis buku Chef Md’s Big Book of Culinary Medicine.(Kabari1018)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here