Bagi ibu-ibu rumah tangga, tentu sudah tahu yang namanya cuka. Cairan mengandung zat asam (acetic acid) ini merupakan salah satu bahan perasa yang cukup populer di dunia kuliner Asia maupun Barat. Di Indonesia cuka merupakan salah satu bahan utama kuah pempek, di Inggris makanan fish and chips disantap dengan saus cuka, di Amerika Serikat banyak orang menyantap salad dengan menaburkan cuka, dan di Jepang bahan nasi untuk sushi dimasak dengan air cuka. Tapi cuka sebenarnya bukan hanya untuk makanan saja. Banyak orang tidak tahu bahwa air cuka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kebersihan.

Cuka Untuk kebersihan:

Beberapa sendok makan cuka cukup dengan dicampur air saja sudah bisa menjadi cairan pembersih alat-alat rumah. Taruh campuran air tersebut ke dalam ember kecil dan gunakan handuk kecil untuk membersihkan kaca jendela, komputer, dan alat-alat elektronik lainnya. Dengan ini Anda bisa membersihkan kotoran dan debu-debu tanpa menghirup aroma kimia yang biasanya terdapat di cairan pembersih kimia.

Cuka juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bau rokok. Taruh mangkuk berisi penuh air cuka di tempat atau ruangan dimana Anda merokok. Selain itu, Anda juga bisa menghilangkan bau wastafel dapur dengan air cuka. Jika saluran pipa wastafel Anda tersumbat, campur setengah cangkir air cuka dengan setengah cangkir baking soda untuk menghancurkan sumbatan tersebut. Kemudian siram dengan air panas.

Gunakan air cuka untuk menghilangkan karat pada alat-alat masak Anda yang terbuat dari metal atau besi. Basahkan kain atau handuk kecil dengan air cuka kemudian gosok peralatan dapur tersebut sampai mengkilat.

Perhiasan perak Anda karatan? Jangan khawatir, rendam perhiasan anda ke dalam ember kecil penuh dengan campuran air cuka dan baking soda selama tiga jam. Setelah selesai rendam, bilas dengan air bersih, kemudian keringkan dan Anda bisa melihat kilauan kembali.

Anda juga bisa menggunakan air cuka untuk menghilangkan debu dan lapuk yang terdapat di karpet Anda. Basahkan sedikit karpet Anda dengan campuran air cuka dan air, kemudian gosok sedikit. Setelah kering vakum karpet Anda.

Cuka Untuk Kesehatan:

Jika Anda mengalami kulit terbakar akibat paparan sinar matahari, oleslah dengan kapas yang dicelup air cuka untuk mengurangi rasa perih tersebut.

Habis berenang telinga tersumbat dengan air? Tetes campuran air cuka dengan sedikit alkohol untuk menghilangkan sumbatan tersebut serta membunuh kuman dan bakteri yang masuk telinga Anda.

Air cuka juga bisa menghilangkan rasa perih kulit Anda dari gigitan serangga dan binatang laut seperti ubur-ubur.

Satu sendok makan air cuka dicampur dengan satu sendok makan madu serta setengah cangkir air hangat bisa mengurangi demam atau flu.

Anda atau anak Anda mengalami cegukan? Satu atau dua sendok teh air cuka akan menghentikan cegukan dengan segera. (Kabari1018)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here