Anda berjerawat? Ingin mendapatkan wajah mulus, bebas jerawat. Beragam bahan alami berikut bisa menjadi solusi bagi Anda. Selamat mencoba.

1. Kayu manis dan Madu
Dua bahan ini merupakan kombinasi obat yang mujarab, fungsi utamanya memang bukan untuk menyembuhkan jerawat namun untuk membunuh bakteri dan sebagai antibiotik agar jerawat tidak semakin parah akibat infeksi dari bakteri. Bersihkan wajah menggunakan air bersih lalu keringkan. Caranya, campurkan 1 sendok makan kayu manis dengan 2 sendok madu hingga berbentuk seperti pasta. Jadikan sebagai masker dan pakai sekitar 10-15 menit, setelah itu cuci dengan air bersih.

2. Putih Telur
Putih telur memiliki kandungan protein dan vitamin yang baik untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Caranya, pisahkan putih telur dengan kuning telurnya kemudian kocok hingga berbusa. Oleskan pada wajah anda berulang kali setiap mengering dan diamkan selama 20-25 menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat menggunakan handuk.

3. Lidah Buaya
Lidah buaya yang banyak dipakai untuk rambut ini ternyata juga bagus untuk mengobati jerawat membandel. Lidah buaya mempunyai sifat anti bakteri dan dapat menenangkan serta memiliki sifat anti inflamasi. Caranya, bersihkan wajah menggunakan air bersih dan keringkan terlebih dahulu. Kupas kulit lidah buaya dan ambil gelnya, usahakan untuk tetap bersih dari getahnya karena dapat mengakibatkan gatal di kulit. Oleskan pada wajah yang berjerawat dan biarkan selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air bersih atau air hangat.

4. Pepaya
Pepaya juga dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan jerawat. Buah pepaya memiliki kandungan enzim yang disebut papain yang memiliki fungsi mengurangi peradangan dan mencegah munculnya nanah. Buah pepaya juga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat wajah lebih lembut dan halus. Caranya, sediakan 1 buah pepaya kemudian tumbuk hingga halus, kemudian oleskan pada wajah yang telah dibersihkan menggunakan air secara merata. Biarkan selama 15-20 menit kemudian bilas wajah dengan air hangat.

5. Kulit Pisang
Selain buahnya yang baik untuk kesehatan ternyata kulit pisang juga memiliki fungsi yang baik untuk menghilangkan jerawat. Kulit pisang mengandung lutein sebuah antioksidan yang dapat mengurangi pembengkakan, peradangan serta mendorong sel-sel baru. Dengan menggosokkan kulit pisang pada wajah yang berjerawat saja sudah bisa meredakan rasa tidak nyaman yang disebabkan jerawat. Caranya, siapkan kulit pisang jenis apa saja, kemudian gosokkan pada wajah yang berjerawat secara melingkar. Biarkan selama kurang lebih 30 menit dan diamkan dengan air bersih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here