Dr. Ikrar yang baik hati, izinkan saya bertanya tentang COVID-19. Saya membaca di mediamassa, Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus Corona dan telah mewabah seluruh dunia. Sebetulnya, bagaimana cara penyebaran atau penularan virus corona jenis ini, bagaimana cara pengobatan dan pencegahannya. Atas penjelasannya, saya mengucapkan terima kasih.

Salam,
John Bukorson, Jayapura, Papua

Jawaban

Bapak Bukorson yang baik hati, benar bahwa wabah COVID-19 telah mendunia atau dalam Bahasa medisnya disebut  Pandemic.  Viruscorona  COVID-19  begitu  cepat menular akibat memiliki 4 sifat yang menunjukkan virulensi  yang  sangat  reaktif,  yaitu:  1.  Menular  dari orang ke orang (human to human), 2.  Menular  pada saat penderita belum/tidak ada gejala (asymptomatic), 3. Menular trans-species (bisa antara species), 4. Entry point Penularannya bukan hanya via pernapasan (not only via respiratory),tetapi bisa menginfeksi jaringan mukosa, seperti pada selaput mukosa atau lendir pada mata, juga saluran pencernaan, dan tentu saja lewat saluran pernapasan, sebagai jalur utama penularan penyakit ini.

Benda merupakan media yang bisa menjadi cara penularan  yang  masif.  Sebab,  menurut penelitian, virus  corona  COVID-19  dapat  bertahan  hidup  hingga tiga  hari  dengan menempel  pada  permukaan  benda. Benda-benda tersebut disinyalir merupakan benda yang  sering  terjamah  oleh  anggota  tubuh  seperti tangan  yang  membawa  virus  corona  covid-19.  Dengan menempelnya virus tersebut di permukaan benda yang  sering  terjamah, otomatis  virus  tersebut  dapat berpindah dan menemukan inang baru apabila orang lain menyentuh benda tersebut. Cara kedua yang efektif sebagai  media  penularan  virus COVID-19  adalah  tidak menjaga kebersihan tangan.

Telah  diketahui  dan  terbukti  secara  medis  bahwa tangan merupakan sumber dari berbagai penyakit. Sebab, tangan adalah anggota tubuh yang paling banyak  melakukan aktivitas  dan  melakukan  interaksi dengan orang lain atau benda-benda yang ada di sekitar. Dengan tangan yang tidak terjaga kebersihannya, virus corona  COVID-19  ini  dapat  dengan mudah  menyebar. Sebab, manusia akan selalu berinteraksi dengan dunia luar menggunakan tangannya. Jaga selalu kebersihan tangan agar tangan Anda tidak menjadi salah satu media penularan virus corona COVID-19.

Cuci tangan menggunakan sabun ataupun gunakan hand  sanitizer  sebelum  dan  setelah makan,  sebelum dan sesudah buang air kecil, dan sesudah beraktivitas. Beraktivitas adalah hal yang wajar dilakukan oleh manusia. Namun,  penularan  virus  corona  COVID-19  secara tidak sadar sering dilakukan oleh orang yang melakukan aktivitas di tempat tertentu. Tentu saja, apabila tempat tersebut  terdapat  virus  corona  COVID-19,  maka  virus tersebut dapat menempel di pakaian dan benda yang Anda  gunakan.  Sehingga  virus  corona  COVID-19 dapat menular pada orang-orang terdekat Anda di rumah. Untuk mencegah hal tersebut, selalu jaga kebersihan diri setelah bepergian. Cuci baju dan bersihkan tubuh hingga kering setelah bepergian. Cara yang paling banyak menjadi media penularan virus corona COVID-19 adalah melalui droplets. Droplets dapat  terjadi  ketika seseorang  meninggalkan  cairan  ketika  bersin,  batuk, ataupun berbicara. Cairan yang berisi virus kemudian dapat menempel pada benda-benda yang dibawa oleh orang  lain.  Sehingga,  virus  corona  COVID-19  tersebut mendapatkan inang baru pada orang lain.

Olehnya,  dalam  kondisi  wabah  pandemic  COVID-19 dewasa  ini,  masyarakat  sebaiknya tinggal  di  rumah, tetapi kalau keluar rumah wajib menggunakan masker.  Karena berkumpul  atau  beraktivitas  di  tengah kerumunan menjadi salah satu cara penularan virus corona COVID-19. Sebab, virus corona COVID-19 dapat menempel secara kasat mata pada pakaian dan benda yang dibawa orang lain. Selain itu, risiko penularan virus corona  COVID-19  juga  dapat  terjadi  melalui droplets orang  lain  ketika  batuk  dan  bersin  atau  bahkan  orang yang  dalam  tubuhnya  memiliki   atau  positif  covid-19 walaupun tanpa gejala.

Selain,  itu  untuk  pencegahan  terinfeksi  COVID-19, sebaiknya meminum atau mengonsumsi nutrisi yang sehat, yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.  Misalnya minuman  dan  vitamin  yang  banyak mengandung Nitro Oxide, salah satunya yang diproduksi oleh Kynii. Untuk melihat produk suplemen tersebut silahkan baca lebih jauh: https://drikrar.kyani.net

Demikian, jawaban semoga bermanfaat.

SHARE
Previous articleBahasa Mengubah Bagaimana Kita Merasakan Waktu
Next articleVIDEO: Berburu Vaksin Corona Virus Covid-19
Dr. Taruna Ikrar, M.Pharm., MD., Ph.D. lahir di Makassar, 15 April 1969 adalah seorang dokter dan ilmuwan berkebangsaan Indonesia dalam bidang farmasi, jantung, dan syaraf, Peneliti di UC Irvine (2008-2016). Di dunia internasional, ia lebih dikenal sebagai salah satu peneliti yg memopulerkan sistem AlstR (allatostatin receptor) dalam tulisan yang telah dipublikasikan di jurnal Frontiers of Neural Circuit edisi 20, Januari 2012, dan metode pengobatan “gene therapy & Advanced Therapy” yang dipublikasikan di Nature 2013 dan 2017. Saat ini Dr. Ikrar merupakan Staf Ahli RS Kepresidenan RSPAD dan Cell Cure Center.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here