Terlambatnya pengobatan pada pasien kanker biasanya disebabkan karena kurangnya informasi yang diterima si pasien.

Pembentukan kanker yang memakan waktu cukup lama membuat si penderita tidak sadar akan penyakit yang sedang menyerangnya.

Proses terbentuknya kanker melalui 3 tahap, yakni proses inisiasi proses promosi dan proses progresi.

Waspadai benjolan yang timbul, karena dapat menjadi salah satu tanda-tanda penyakit kanker, benjolan tersebut di antaranya:

A. Kelenjar Getah Bening, ada beberapa tempat dalam tubuh manusia yang rentan akan munculnya benjolan kelenjar getah bening, antara lain: belakang telinga, leher bagian belakang dan ketiak. Benjolan ini kadang bisa hilang dengan sendirinya, tapi kadang juga tidak bisa hilang, bahkan semakin mengeras dan membentuk suatu jaringan tumor yang lama kelamaan akan berubah menjadi kanker.

B. Terbentuknya Jaringan Kista. Kista adalah suatu benjolan yang berisi cairan berbentuk gel dan biasanya muncul di sekitar payudara dan rahim.

C. Terbentuknya Tumor. Tumor adalah suatu daging yang pertumbuhannya tidak terkendali, jika tumor tetap berada pada tubuh dan si penderitanya pasif, maka tumor biasanya akan berubah ganas, dalam ilmu kedokteran disebut Kanker.

Tanda-tanda dini terjadinya kanker rahim di antaranya:

  1. Mengalami menstruasi yang tidak teratur, di sekitar tulang panggul terasa nyeri ketika haid datang.
  2. Mengalami keputihan tidak kunjung sembuh dan berwarna kuning kehijauan.
  3. Saat melakukan hubungan suami istri, akan terasa perih di sekitar rahim dan setelah berhubungan biasanya keluar darah yang warnanya merah pucat.

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here