Dokter Ikrar yang bersahaja. Saya ingin menanyakan tentang kista pankreas. Kebetulan ibu saya menderita penyakit ini. Dokter menjelaskan berdasarkan pemeriksaan USG dan MRI terlihat kista pada pankreas. Mohon penjelasan apakah itu kista pankreas dan bagaimana tingkat berbahayanya. Atas jawabanya, saya menghaturkan beribu terima kasih.

Salam sehat, Jemmi.

Jawaban:
Ibu Jemmi yang baik hati. Kista pankreas merupakan kondisi dimana terdapat kantong cairan pada pankreas, yang merupakan organ yang menghasilkan hormon dan enzim yang membantu mencerna makanan. Kebanyakan kista pankreas bukan merupakan kanker, bahkan banyak pasien tidak memperlihatkan gejala sama sekali. Seperti yang terjadi pada Ibu, biasanya ditemukan selama pemeriksaan pencitraan. Beberapa di antaranya merupakan kantong cairan bekas luka atau jaringan inflamasi, bukan jenis sel yang ditemukan dalam kista benar. Tetapi beberapa kista pankreas dapat juga berbahaya jika merupakan sel-sel kanker. Dokter Anda mungkin mengambil sampel cairan kista pankreas untuk menentukan apakah sel kanker atau bukan.

Kista PANKREAS ini memperlihatkan gejala berupa, nyeri perut yang persisten, yang dapat menyebar ke punggung. Munculnya benjolan atau massa yang dapat dirasakan di perut bagian atas, juga disertai dengan rasa mual dan muntah-muntah. Selanjutnya gejala ini bisa berkembang, dimana kista bisa menjadi terinfeksi. Bahkan kista bisa pecah yang merupakan kedaruratan medis. Cairan yang dapat merusak pembuluh darah di dekatnya dan menyebabkan pendarahan besar. Dengan gejala perdarahan internal dan shock, seperti: pingsan, Sakit perut yang parah, Penurunan kesadaran, Detak jantungnya lemah dan cepat. Untuk pencegahan, cara terbaik untuk menghindari pankreatitis, yang biasanya disebabkan oleh batu empedu atau penggunaan alkohol berat.

Dan jika terjadi seperti gejala di atas, segera ke dokter untuk mendapatkan pertolongan. Semoga bermanfaat.

Salam Sehat. Dr. Ikrar

 

 

 

SHARE
Previous articleTrik Agar Buah Hati Tidur Tepat Waktu
Next articleHerbal Medicine Merupakan Alternatif Pengobatan Modern
Dr. Taruna Ikrar, M.Pharm., MD., Ph.D. lahir di Makassar, 15 April 1969 adalah seorang dokter dan ilmuwan berkebangsaan Indonesia dalam bidang farmasi, jantung, dan syaraf, Peneliti di UC Irvine (2008-2016). Di dunia internasional, ia lebih dikenal sebagai salah satu peneliti yg memopulerkan sistem AlstR (allatostatin receptor) dalam tulisan yang telah dipublikasikan di jurnal Frontiers of Neural Circuit edisi 20, Januari 2012, dan metode pengobatan “gene therapy & Advanced Therapy” yang dipublikasikan di Nature 2013 dan 2017. Saat ini Dr. Ikrar merupakan Staf Ahli RS Kepresidenan RSPAD dan Cell Cure Center.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here