Tentu semua sepakat, bahwa air sangat penting bagi kehidupan kita. Dalam ilmu biologi manusia, air berperan sangat vital. Sebagaimana diketahui, komposisi tubuh manusia, selain udara (oksigen), air adalah elemen yang paling penting untuk kehidupan manusia, tubuh biasanya tidak dapat bertahan lebih dari beberapa hari tanpa air.

Keseimbangan Cairan TubuhAir sangat penting untuk fungsi setiap sel dan sistem organ dalam tubuh manusia. Air membentuk lebih dari 2/3 dari berat tubuh manusia, sebagai perbandingan 75% komposisi otak adalah air, 83% air dalam darah, 22% pada tulang, 75% air yang membentuk otot, bahkan 90% paru-paru berasal dari air.

Demikian pula, air sangat penting bagi filtrasi produk limbah tubuh di ginjal. Air mengatur suhu tubuh (melalui keringat). Demikian pula air berfungsi sebagai pelumas, yang membentuk cairan sendi, tulang dan memberikan bantalan bagi persendian. Air mencegah kita dan meredakan sembelit. Air membantu tubuh untuk menyerap nutrisi di usus. Bahkan air memainkan peran dalam mengatur metabolisme. Air membawa zat makanan/nutrisi dan oksigen ke semua sel dalam tubuh dan memfasilitasi semua proses kimia yang terjadi di dalam tubuh. Air memainkan peran dalam pencegahan penyakit. Minum dalam jumlah yang cukup air dapat mengurangi risiko batu ginjal dan penyakit kandung kemih secara signifikan.

DAMPAK KEKURANGAN AIR TERHADAP KESEHATAN

Kondisi tubuh yang mengalami kekurangan Air
Kondisi tubuh yang mengalami kekurangan Air

Air sangat penting dalam kehidupan kita sebagai makhluk hidup. Sehingga jika tubuh kekurangan air, akan memberikan berbagai dampak kesehatan. Penurunan hanya sekitar 2% pasokan air, tubuh kita dapat memiliki efek berbahaya dan menyebabkan gejala dehidrasi, seperti kelelahan, haus, gangguan ingatan, kesulitan fokus, dan terasa mual. Jika terjadi penurunan 4-5% air dalam tubuh dapat mengakibatkan penurunan produktivitas sekitar 20-30% hasil pekerjaan dan kinerja latihan. Penurunan 10% air akan mengakibatkan risiko kesehatan yang sangat berbahaya. Bahkan seminggu tanpa air (minum) dapat dipastikan akan mengakibatkan kematian.

FUNGSI AIR DALAM TUBUH MANUSIA

Air sangat penting untuk menjaga fungsi vital tubuh kita. Air memiliki ragam manfaat.

  1. Menentukan kehidupan sel. Air sebagai pembawa, mendistribusikan nutrisi penting untuk sel-sel seperti mineral, vitamin dan glukosa.
  2. Kimia dan reaksi metabolism. Air menghilangkan produk limbah termasuk racun atau toksin di dalam sel-sel, organ tubuh dan mengeluarkan toksin tersebut melalui urines dan tinja.
  3. Transportasi nutrisi. Air berpartisipasi dalam biokimia break-down dari apa yang kita makan.
  4. Pengaturan suhu tubuh. Air memiliki kapasitas panas yang membantu perubahan batas suhu tubuh, seperti batas kehangatan lingkungan yang dingin. Air memungkinkan tubuh untuk melepaskan panas ketika suhu lingkungan lebih tinggi dari suhu tubuh. Hal ini melalui keringat, dan penguapan air dari permukaan kulit yang sangat efisien mendinginkan tubuh.
  5. Air merupakan pelumas yang efektif di sekitar sendi. Hal ini juga bertindak sebagai shock absorber untuk mata, otak, sumsum tulang belakang dan bahkan untuk janin melalui cairan ketuban.

FENOMENA KEASAMAN DAN KEALKALIAN AIR DI DALAM TUBUH

Air begitu pentingnya bagi kehidupan kita, sehingga air sangat menentukan vitalitas kehidupan kita. Di antara begitu banyak fungsi air terhadap kesehatan tubuh kita, Ada fenomena menarik tentang keasaman tubuh dan
hubungannya dengan penyakit.

Air Mempengaruhi keasaman tubuh dan menimbulkan penyakit
Air Mempengaruhi keasaman tubuh dan menimbulkan penyakit

Telah diketahui oleh ahli kesehatan bahwa pada berbagai penyakit, seperti penyakit infeksi, kanker, kelainan usus dan penyakit yang lain. Umumnya penyakit inflasi atau pembengkakan pada tubuh manusia, akan meningkatkan keasaman air di dalam tubuh. Demikian pula sebaliknya, berbagai penyakit-penyakit metabolisme kelainan ginjal, kidney stone, pangkreatitis, menunjukkan peningkatan kebasaannya, artinya kondisi cairan di dalam tubuh penderita tersebut mengalami peningkatan PH atau menjadi alkalis.

Sehingga dengan demikian pada tubuh yang sehat, kondisi cairan tubuh berkisar di sekitar pH=7.2, yang merupakan tingkatan keasaman cairan tubuh yang sangat optimal.

Olehnya, sebagian ilmuwan kedokteran mempercayai akan pentingnya keseimbangan cairan tubuh, bukan hanya dari segi volume, konsentrasi tetapi juga perlu dijaga tingkat keasamannya.

Berdasarkan hal tersebut, maka para ahli kesehatan menganjurkan untuk memperhatikan minuman yang dikonsumsi setiap harinya, berupa memperhatikan volumenya, konsentrasinya, serta tingkat keasamannya.

MINUM AIR YANG CUKUP

Secara sederhana, untuk menjaga kesehatan tubuh, ada beberapa tips yang dapat dijadikan rujukan. Yakni mulailah setiap hari Anda meminum 1-2 gelas air setiap pagi. Sering Anda membawa botol air. Minum air sebelum Anda merasa haus. Minum beberapa gelas air sebelum berolahraga, dan minum beberapa tegukan air sesering selama latihan. Minum air murni, dan juga hindari jus yang berkadar gula tinggi. Hindari diet soda dan minuman lainnya yang mengandung pemanis buatan. Yang tidak kalah pentingnya perhatikan tingkat keasaman air yang diminum. (Dr. Ikrar)

SHARE
Previous articleTahu Untuk Ibu Hamil
Next articleVideo: Pencegahan Dan Pengobatan Ambien
Dr. Taruna Ikrar, M.Pharm., MD., Ph.D. lahir di Makassar, 15 April 1969 adalah seorang dokter dan ilmuwan berkebangsaan Indonesia dalam bidang farmasi, jantung, dan syaraf, Peneliti di UC Irvine (2008-2016). Di dunia internasional, ia lebih dikenal sebagai salah satu peneliti yg memopulerkan sistem AlstR (allatostatin receptor) dalam tulisan yang telah dipublikasikan di jurnal Frontiers of Neural Circuit edisi 20, Januari 2012, dan metode pengobatan “gene therapy & Advanced Therapy” yang dipublikasikan di Nature 2013 dan 2017. Saat ini Dr. Ikrar merupakan Staf Ahli RS Kepresidenan RSPAD dan Cell Cure Center.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here