Kebahagiaan merupakan salah satu hal yang paling dicari manusia. Dengan kata lain, tujuan manusia berkiprah adalah menjadi bahagia. Menariknya, tiap manusia punya cara berbeda-beda dalam mewujudkan kebahagiaan tersebut.

Ada yang mengejar materi mati-matian untuk merasa dirinya puas dan bahagia. Semakin banyak harta material yang dimiliki, barulah ia bisa merasa lega. Tapi ada pula yang bahagia jika hatinya merasa damai, yaitu ketika ia berada di tengah keluarga. Pakar bilang, inilah kebahagiaan batiniah yang sifatnya lebih langgeng! Berikut kiat-kiat bahagia … mudah kok!

Dekat Tempat Kerja

Seseorang bahagia jika dapat memiliki rumah yang besar, lagi mewah. Sedangkan orang lain cukup bahagia dengan rumah kecil, tapi letaknya strategis. Dalam artian, dekat dengan pasar atau pusat perbelanjaan, rumah sakit dan tempatnya bekerja. Mereka bilang, tinggal di dekat dengan kantor sangat mengasyikkan, karena terhindar dari macet yang hanya membuat kepala stres. Batin jadi lebih tenang dan bisa tersenyum bahagia. Waktu tidak terbuang percuma untuk pergi-pulang kantor, sehingga produktivitas jadi lebih tinggi.

Bersyukur

Orang yang paling bahagia di dunia adalah mereka yang pandai bersyukur. Ia berterima kasih kepada Tuhan atas semua yang dimilikinya. Untuk itu, jangan membandingkan kondisi diri sendiri dengan orang lain, tetangga maupun teman. Seorang yang bersyukur juga merasa kaya, dan gembira bisa menolong sesama yang butuh bantuan. Ia juga tidak take it for granted karunia yang diperoleh secara alami, seperti anugerah dapat bernapas.

Tidur Cukup

Saat lelah dan kurang enak badan, tidur menjadi obat paling manjur. Dengan tidur yang berkualitas, vitalitas tubuh akan kembali dan pulih sehingga dapat tetap produktif. Percaya tidak? Emosi negatif dan kelewat sensitif pun akan berkurang. Anda pun bisa merasa bahagia. Bila kurang tidur, cepatlah pejamkan mata dan beristirahat yang cukup. Lihat, kondisi jiwa raga Anda pun akan segera membaik.

Berolahraga

Masih ingat Mens sana in corpore sano? Di dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat? Nah, ingin bahagia, buang pikiran malas untuk berolahraga. Tak perlu berjam-jam atau masuk ke klub olahraga. Cukup dengan jalan kaki dan lari pagi atau mengikuti gerakan senam dari instruktur di televisi.Ada tiga cara mengurangi tingkat stres. Pertama, dengan berolahraga. Yang penting Anda punya niat untuk berolahraga, maka tak sampai setengah jam menggerakkan badan, maka tubuh Anda terasa sehat. Tingkat stres juga turun.Kedua, melakukan meditasi, dan ketiga dengan berdoa, yakni mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Terkait olahraga, efeknya juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, lebih mengaktifkan daya kerja otak dan membuat tubuh lebih relaks.

Merancang Liburan

Liburan itu wajib. Tak harus berpesiar ke tempat yang jauh dengan biaya berlimpah. Anda dapat bersantai di rumah, misalnya membaca buku, menonton film favorit secara maraton atau merawat taman di rumah. Melihat rumah bersih dan taman cantik, badan dan pikiran yang penat akan seger kembali. Untuk berlibur, menabunglah. Itu penting.

Berkumpul Bersama Keluarga dan Teman

Memiliki keluarga dan teman-teman yang baik serta punya waktu untuk kumpul bersama membuat kita jadi pribadi yang lebih bahagia. Hidup juga jadi lebih berwarna, karena Anda tidak merasa sendirian. Dengan adanya mereka, saat Anda menghadapi cobaan, kesedihan atau kegembiraan, Anda dapat berbagi. Untuk itu, pupuklah hubungan yang baik dengan keluarga dan teman-teman. Saling berbagi dan menolong itu indah!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here