Yoghurt adalah susu yang dibuat melalui proses fermentasi bakteri  dengan rasa asam dan manis. Di beberapa negara yoghurt dikenal dengan  nama berbeda-beda, misalnya Zabady (Mesir, Sudan), Cieddu (Italia),  Dahee (India), Jugurt (Turki), dan Filmjolk (Skandinavia). Dalam  yoghurt biasanya terdapat  2  jenis probiotik yakni  lactobacillus bulgaricus dan streptococcus thermophilus.

Yoghurt selain baik untuk kesehatan, juga aman untuk dikonsumsi. Ada yoghurt berjenis  plain yoghurt  atau  yoghurt  putih  yang  memiliki  rasa asli tanpa ditambahkan rasa. Ada  juga yang ditambahkan rasa buah agar lebih nikmat, seperti strawberry, blueberry atau jeruk. Konon yoghurt dapat memperpanjang umur.  Sebuah  penelitian  oleh Elie Metchnikoff ,ilmuwan Rusia penerima nobel biologi/fisiologi kedokteran tahun  1908,  menyatakan konsumsi  yoghurt akan meningkatkan jumlah bakteri baik di usus. Diduga, inilah yang  membuat kesehatan prima, plus panjang umur.

Manfaat yoghurt antara lain:

1.Melancarkan dan menyehatkan pencernaan.

Berdasarkan  hasil  penelitian,  yoghurt  dapat mengatasi  berbagai  masalah  pencernaan  seperti diare, kanker saluran pencernaan atau maag. Yoghurt juga dapat melancarkan buang air besar dan menjaga kesehatan  lambung.  Suatu  penelitian  menyatakan bakteri  actobacillus  ini  terbukti  dapat  membunuh bakteri  E. coli.

2.Mencegah osteoporosis

Yoghurt berbahan dasar susu, sehingga mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang.

3.Menurunkan kolesterol darah

Ada  penelitian  pada  beberapa  orang  yang mengonsumsi  yoghurt secara teratur mampu menurunkan jumlah kolesterol dalam darah.

4.Mengurangi risiko terjadinya infeksi pada vagina

Wanita  yang mengonsumsi  yoghurt  dapat mengurangi  tingkat  keasaman  (pH)  sehingga  dapat mengurangi  perkembangan  infeksi  jamur pada daerah vagina.

5.Lebih mengenyangkan

Kandungan  kalori yang terdapat dalam yoghurt menjadikan yoghurt makanan yang  cukup mengenyangkan karena bentuknya lebih kental dan padat.

6.Lebih bergizi dan rendah kalori.

Yoghurt  memiliki  gizi  yang  lebih  tinggi  dibanding susu segar. Kandungan  lemaknya pun lebih rendah, sehingga cocok bagi mereka yang sedang menjalankan diet rendah kalori.

7.Menurunkan kadar kolesterol

Meminum yoghurt secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sudahkah Anda minum yoghurt hari ini?

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here