Bagi sebagian orang, menurunkan berat badan itu susahnya minta ampun. Sementara ada juga orang yang berat badannya tak kunjung bertambah kendati gaya hidup dan kebiasaan makannya seimbang. Kedua golongan orang ini memang punya perbedaan individual, yakni laju metabolisme masing-masing.

Namun Anda jangan putus asa sebab ada banyak jenis makanan yang betul-betul dapat meningkatkan laju metabolisme serta membantu menurunkan berat badan. Kalau Anda merasa kegemukan, makanlah makanan yang pedas-pedas.

Menurut beberapa studi mutakhir, bumbu-bumbu pedas macam cabai, mostar, merica, dapat membantu menurunkan berat badan sebanyak 25% kalau rempah-rempah tersebut ditambahkan dalam diet Anda.

Cabai rawit yang sudah dikenal selama ratusan tahun sebagai obat kolik usus (masuk angin), pencernaan dan meningkatkan sirkulasi darah, sampai kini masih dikonsumsi banyak orang untuk mendapatkan keuntungan-keuntungan tersebut.

Namun, cabai rawit yang juga mengandung capsaicin dan capsacutin itu kini diyakini para ilmuwan dapat menurunkan berat badan. Itu terjadi karena pengaruhnya terhadap produksi hormon hasil kelenjar tiroid yang berpengaruh terhadap laju metabolisme. Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Tasmania di Australia membuktikan, laju metabolisme 4 dari 6 orang kelinci percobaan meningkat setelah menyantap makanan yang mengandung 1 sendok makan Tabasco yang tak lain ekstrak cabai juga.

Karena itu kalau Anda mengalami kegemukan, cobalah tambahkan dalam santapan Anda bumbu-bumbu pedas tadi, entah dibubuhkan atau diramu sewaktu memasaknya. Cabai rawit memang pedas menggigit. Karena itu bila Anda baru pertama kali memakai cabai rawit, makanlah sedikit saja dulu, kemudian  ditingkatkan  seperempat  sendok  makan  setiap  kali  menyantap makanan.

Ada juga cara lain yang bisa membantu Anda tanpa harus merasakan pedas. Ambillah kapsul kosong dan masukkan bubuk cabai rawit atau bubuk cabai sampai separuh kapsul. Sebaiknya Anda menenggak satu kapsul setiap kali  makan.  Kalau  perut  Anda  merasa  tidak  enak,  kurangi  jumlah  cabai rawitnya atau stop makan cabai sama sekali.

Tetapi ingat, jika Anda sungguh-sungguh punya niat menurunkan berat badan, sebaiknya hindari makan junk food, juga camilan. Makanan yang  tinggi  kadar  lemak  dan  atau  gulanya  akan menambah berat badan biarpun Anda makan cabai sampai  megap-megap  kepedasan. Dalam setiap gramnya lemak mengandung jumlah kalori dua kali lebih banyak daripada karbohidrat ataupun protein. Jumlah total lemak dalam menu Anda sebaiknya  sekitar  20%  dari  jumlah  energi  total dalam asupan.

Selain itu perbanyak konsumsi sayur-sayuran, kecuali kubis. Kubis ini justru mempunyai pengaruh meningkatkan berat badan. Makanlah buah-buahan segar, bukan yang dikeringkan atau dijus karena  yang  demikian  itu  selalu  tinggi  kadar gulanya.  Air  putih  merupakan  keharusan,  karena itu minumlah 6 – 8 gelas per hari. Hendaknya selalu sarapan pagi dan kurangi porsi makan malam. Sarapan dapat menghindarkan Anda dari memakan junk food dan camilan sepanjang hari itu. Namun catatan yang harus Anda ingat, tidak ada proses yang  instant  untuk mendapatkan apa  yang  seperti  Anda  impikan,  tentunya  Anda juga  perlu  memerhatikan  asupan  makanan  yang akan  Anda  makan,  terutama  perhatikan  makanan yang berlemak. Begitu juga kombinasikan asupan makanan yang berserat dengan berolahraga yang teratur. Makan cabai – Asupan berserat – Olahraga teratur,  merupakan  tiga  langkah  cepat  untuk menurunkan berat badan.

Bila Anda hendak mencoba memanfaatkan cabai untuk menurunkan bobot badan, Anda mesti siap terhadap dua kemungkinan. Tujuan tercapai atau Anda mendapat gangguan perut akibat pedasnya cabai. Kalau tak menghadapai masalah, ya bersyukurlah. Sebaliknya kalau perut jadi mulas, atau  diare,  sebaiknya  hentikan  usaha  Anda  dan periksakan diri ke dokter untuk pemulihan kondisi kembali.  Selamat  mencoba  dan  semoga  berhasil!

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here