Bagaimana kabar Dr. Ikrar, baru-baru ini suami saya didiagnosis stadium awal pembesaran prostat. Yang saya ingin tanyakan, apakah ada tanda-tanda awal penderita kanker prostat. Jujur kami cemas dengan kondisi suami saya. Atas jawabannya kami haturkan terima kasih.

Salam hormat,

Maria Novia, di Manado, Sulawesi Utara.

Jawaban:

Ibu Maria, kami mengerti kondisi batin yang ibu rasakan, semoga suami ibu dapat ditangani dengan baik. Hampir semua pasien yang didiagnosis prostat, mengalami kecemasan seperti yang suami ibu rasakan. Sebetulnya pembesaran prostat apalagi yang berpeluang keganasan, memberikan tanda-tanda yang jelas. Berdasarkan gejala klinis, tanda-tanda dini kanker prostat, bisa berupa: dapat disertai dengan berbagai gejala gangguan kandung kemih, terutama pada tahap awal. Tergantung pada ukuran dan lokasi, tumor dalam menekan dan menyempitkan uretra, menghambat aliran urin.

Beberapa tanda kanker prostat awal meliputi: Rasa terbakar atau sakit saat buang air kecil, kesulitan buang air kecil, atau kesulitan memulai dan berhenti saat buang air kecil. Desakan lebih sering untuk buang air kecil di malam hari, kehilangan kontrol kandung kemih, penurunan aliran atau kecepatan aliran urin. Ditemukan Darah dalam urin (hematuria), demikian pula Darah dalam air mani. Bahkan kesulitan mendapatkan ereksi (disfungsi ereksi), atau Ejakulasi.

Kanker prostat dapat menyebar (bermetastasis) dan membentuk tumor di organ atau tulang terdekat. Jika kanker menyebar ke tulang belakang, itu mungkin menekan saraf tulang belakang. Tanda-tanda kanker prostat metastasis dapat meliputi:

Pembengkakan di kaki atau area panggul, Mati rasa atau sakit di pinggul, kaki atau kaki Nyeri tulang yang tidak hilang, atau menyebabkan patah tulang. Gejala kanker prostat sering berbeda dari pasien ke pasien. Tanda pertama yang paling umum dari kanker prostat berulang adalah kenaikan level PSA dalam darah, membuat tes PSA reguler semakin penting dalam mengukur kemajuan pengobatan dan memeriksa tanda-tanda kekambuhan.

Jika, terdapat tanda-tanda di atas, segera periksa ke bagian urologi. Demikian, semoga keterangan ini memberikan, manfaat.

Salam, Dr. Ikrar.

SHARE
Previous articleThe Latest On Swift Secrets Of best asian dating sites
Next articleVIDEO: Ditemukan Terapi Kanker Pankreas
Dr. Taruna Ikrar, M.Pharm., MD., Ph.D. lahir di Makassar, 15 April 1969 adalah seorang dokter dan ilmuwan berkebangsaan Indonesia dalam bidang farmasi, jantung, dan syaraf, Peneliti di UC Irvine (2008-2016). Di dunia internasional, ia lebih dikenal sebagai salah satu peneliti yg memopulerkan sistem AlstR (allatostatin receptor) dalam tulisan yang telah dipublikasikan di jurnal Frontiers of Neural Circuit edisi 20, Januari 2012, dan metode pengobatan “gene therapy & Advanced Therapy” yang dipublikasikan di Nature 2013 dan 2017. Saat ini Dr. Ikrar merupakan Staf Ahli RS Kepresidenan RSPAD dan Cell Cure Center.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here