Jangan pernah anggap remeh buah pisang. Penelitian yang dilakukan para ahli Inggris dan Italia mengemukakan, pisang bermanfaat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan, salah satunya menangkal stroke.

Dari hasil penelitian disebutkan, konsumsi tiga buah pisang dalam sehari dapat meminimalisasi serangan stroke. Dalam pisang terdapat kalium yang jika dikonsumsi secara rutin dapat mengurangi risiko pembekuan darah di otak penyebab stroke. Tak hanya kandungan kalium, kandungan potasium yang ada di dalam buah pisang juga dapat membantu untuk menstabilkan tekanan darah dan mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh.

Selain pisang, kalium pun bisa didapat dari asupan lain yang punya manfaat sama di antaranya bayam, kacang-kacangan dan ikan bandeng.

Pisang rata-rata mengandung sekira 500 miligram potasium yang membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh. Terlalu sedikit kalium dapat mengakibatkan perut cepat mual, denyut jantung tidak teratur dan diare.

Penelitian dari University of Warwick dan University of Naples mengatakan ‘Asupan potasium di berbagai negara jumlahnya sangat jauh di bawah jumlah harian yang disarankan.”

Tetapi jika seseorang rajin mengonsumsi makanan kaya kalium lebih banyak serta mengurangi asupan garam mereka, angka kematian tahunan secara global karena serangan stroke bisa menurun jumlahnya lebih dari satu juta per tahunnya.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here