Yang terhormat Dr. Ikrar. Tadi malam saya mengalami keracunan obat, muntah-muntah dan gatal seluruh tubuh. Bisakah dokter memberikan tips, supaya kejadian ini tidak terulang lagi?

Salam hormat, Jammy di Manado.

Jawab:

Bapak Jammy yang baik, memang betul penggunaan obat yang baik dan benar sangat penting, sebab kalau tidak menggunakan obat secara rasional bisa berbahaya. Berikut Tips yang bisa membantu. Tips Mencegah Keracunan Obat:

  1. Konsumsi obat sesuai anjuran dokter
  2. Jika menggunakan obat, perhatikan secara teliti etiket obat (aturan pakai, dosis, indikasi dan kontraindikasinya, usia penggunaan, masa berlaku dan kedaluwarsa-nya).
  3. Hindari mengonsumsi obat yang bisa menyebabkan ketergantungan, misalnya obat-obat narkotik, dan psikotropik lainnya.
  4. Jika ada keluarga atau orang di sekitar yang menderita tanda keracunan obat. Misalnya gejala berupa urtikaria (gatal-gatal), sesak napas, muntah-muntah, pusing, atau kesadaran menurun (Pingsan), setelah mengonsumsi suatu obat. Lakukan tindakan berikut :
  5. Kurangi efek obat dengan meminum air putih
  6. Hentikan mengonsumsi obat tersebut
  7. Minum antihistamin atau antialergi yang dosisnya disesuaikan dengan usia penderita.
  8. Berikan bantuan pernapasan, jika terjadi sesak napas.
  9. Kalau penderita mengalami muntah dan diare, berikan larutan oralit (garam ¼ sendok teh ditambah 1 sendok gula manis yang dilarutkan dalam 1 gelas air putih).
  10. Segera minta pertolongan dokter/paramedis terdekat.

Semoga tips di atas dapat membantu, salam sehat.

SHARE
Previous articleSensible mail order asain brides Programs Clarified
Next articleVIDEO: Obat Dapat Berakibat Sebagai Racun
Dr. Taruna Ikrar, M.Pharm., MD., Ph.D. lahir di Makassar, 15 April 1969 adalah seorang dokter dan ilmuwan berkebangsaan Indonesia dalam bidang farmasi, jantung, dan syaraf, Peneliti di UC Irvine (2008-2016). Di dunia internasional, ia lebih dikenal sebagai salah satu peneliti yg memopulerkan sistem AlstR (allatostatin receptor) dalam tulisan yang telah dipublikasikan di jurnal Frontiers of Neural Circuit edisi 20, Januari 2012, dan metode pengobatan “gene therapy & Advanced Therapy” yang dipublikasikan di Nature 2013 dan 2017. Saat ini Dr. Ikrar merupakan Staf Ahli RS Kepresidenan RSPAD dan Cell Cure Center.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here