Sayuran yang satu ini memang masih tergolong dalam keluarga kubis-kubisan. Brokoli dalam pemanfaatannya sering kali kita gunakan untuk menu makanan kita sehari-hari, tanpa kita sadari bahwa, dengan banyak mengonsumsi brokoli setiap hari dapat membantu mencegah dan menghambat pertumbuhan sel-sel kanker yang ada pada tubuh kita.

Bunga Brokoli mempunyai sifat dan khasiat mempercepat penyembuhan setelah sakit berat. Bagian yang digunakan adalah Bunga Brokolinya, Bunga Brokoli digunakan untuk pengobatan  mempercepat penyembuhan, serta mencegah dan menghambat perkembangan sel kanker.

Sebagai contoh, untuk mempercepat penyembuhan penyakit, sediakan brokoli segar ukuran sedang, lalu dipotong-potong secukupnya.

Setelah dipotong-potong, selanjutnya brokoli dicuci dan direbus sebentar. Ingat, harus diperhatikan bahwa saat perebusan jangan terlalu lama, karena perebusan yang terlalu lama akan merusak zat berkhasiatnya didalamnya.

Setelah direbus, brokoli dapat dikonsumsi bersama sayuran yang lainnya dan nasi. Komposisi zat yang terkandung dalam brokoli yaitu: brokoli mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, zat besi, vitamin (A, C, E, tiamin, riboflavin, nikotinamide), kalsium, beta karoten, dan glutation. Selain itu, brokoli mengandung senyawa  sianohidroksibutena (CHB), sulforafan, dan iberin yang merangsang pembentukan glutation. Kandungan zat berkhasiatnya, yaitu sulforafan yang dapat mencegah penyakit kanker. (Kabari1017)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here