Penelitian terbaru menunjukkan adanya jenis dan takaran asupan serat alami untuk menurunkan risiko kanker usus pada manusia. Kebanyakan serat alami dipahami cukup dari buah dan sayuran semata.

Namun kenyataannya, berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan dalam the British Medical Journal menemukan bahwa asupan serat alami dari gandum dan biji-bijian lebih mempunyai khasiat dalam mencegah berbagai penyakit khususnya di usus. Para peneliti dari Imperial College London ini menemukan bahwa hanya dengan asupan 10 gram gandum dan biji-bijian sehari, mampu meningkatkan kebutuhan serat alami tubuh sekaligus menurunkan risiko terkena kanker usus sebanyak 10%.

Ini berbanding terbalik dengan hasil 25 studi sebelumnya dimana buah serta sayuran yang jadi faktor penting. Namun sebenarnya kadar dan khasiat buah dan sayuran tidak memberikan perubahan pada penurunan risiko kanker usus.

Berdasarkan hasil penelitian terhadap 2 juta orang, mereka berani menyimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kadar serat alami yang diasup setiap hari khususnya dengan mengonsumsi gandum dan biji-bijian, akan semakin meningkatkan pencegahan terhadap kanker rektum maupun kanker kolon yang merupakan jenis kanker usus yang biasa menyerang pria dan wanita.

Hasil dari penelitian ini juga mendukung penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa serat alami dari gandum dan biji-bijian telah terbukti melindungi tubuh dari penyakit jantung, diabetes tipe 2, kelebihan berat badan, obesitas dan penyumbatan pada saluran darah. Serat alami ini bisa kita temukan dalam beras merah, roti gandum, sereal, oat meal, dan bubur yang terbuat dari kacang-kacangan.

Seperti dilansir dalam BBC News Health, Dagfinn Aune selaku pimpinan penelitian menjelaskan bahwa semakin banyak memakan serat alami akan semakin baik. Bahkan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak telah mampu memberikan efek. Yaitu dengan memasukkan 90 gram gandum dan biji-bijian dalam menu makanan keseharian, mampu menurunkan 20% risiko kanker rectum yang lebih banyak menyerang pada pria.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here