1. Mulai hari Anda dengan sarapan

Sarapan berarti mengisi perut yang kosong setelah semalaman tidak mendapat pasokan makanan. Dengan sarapan, hal ini dapat membantu kegiatan yang akan Anda lakukan karena memberi asupan energi. Sarapan yang mudah disiapkan adalah bubur sereal, buah-buahan, susu rendah kalori, roti bakar gandum yang bisa dipadukan dengan selai buah-buahan, coklat atau kacang, yoghurt dan waffle serta pancake.

2. Bergerak

Masukan aktivitas fisik yang ringan dalam kegiatan sehari-hari. Berjalan kaki, bersepeda atau jogging dapat membuat tubuh Anda lebih bugar. Gunakanlah tangga ketimbang lift atau eskalator agar tubuh lebih bergerak. Lakukan aktivitas ini setidaknya 30 menit per hari.

dok. Matthew Lejune on Unsplash

3. Camilan sehat

Camilan adalah asupan yang baik untuk tubuh, namun Anda harus bijaksana dalam memilih makanan. Segelas susu low-fat dan buah-buahan baik untuk pencernaan perut. Camilan seperti kue-kue juga boleh dinikmati, hanya saja pilihlah kue yang tidak mengandung

dok. Juan Jose Valencia Antia on Unsplash

banyak lemak. Anda boleh memakan kue berkalori tinggi, tetapi dengan frekuensi yang tidak sering. Terlalu banyak makan camilan membuat tubuh Anda membulat.

 

 

 

4. Olahraga

Olahraga yang membuat Anda berkeringat sebenarnya baik untuk jantung Anda, memberikan energi dan Anda terlihat lebih sehat. Sebelum melakukan olah raga, biasakan stretching atau pemanasan agar badan tidak mengalami kram. Lakukan kegiatan seperti aerobik, lari,jogging, atau menari. Lakukan juga push-up atau sit up agar badan lebih bergerak. Jangan lupa lakukan pendinginan setelah melakukan olahraga di atas.

5. Seimbangankan makanan yang Anda makan

Apabila Anda menyukai makanan junk-food seperti burger, kentang goreng atau es krim, bukan berarti Anda tidak boleh makan-makanan tersebut. Anda boleh menikmatinya, tetapi perhitungkan juga makanan yang masuk ke dalam perut Anda. Jangan terus-terusan  mengonsumsi makanan ini karena tidak baik untuk kesehatan Anda.

dok. ashley green on unsplash

Tubuh anda memerlukan vitamin dan mineral. Cobalah mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Biasakan memeriksa kandungan nutrisi dan kalori yang ada dalam makanan yang akan Anda konsumsi. Anda juga bisa membuat jadwal makanan Anda supaya lebih terorganisir.

 

 

 

 

6. Sehat bersama keluarga atau teman

Tidak ada salahnya mengajak keluarga atau teman untuk olahraga bersama-sama. Tentunya aktivitas ini lebih menarik ketimbang melakukan sendirian. Cobalah ajak mereka untuk melakukan kegiatan hiking atau bermain sepeda bersama. Pasti seru!

Jehu Christan on Unsplash

7. Konsumsi roti, buah dan sayuran

Makanan ini memberikan karbohidrat untuk energi dalam tubuh, serat, vitamin dan mineral. Selain itu rasanya juga enak. Cobalah mengonsumsi roti gandum dan bagel.

Pisang, stroberi dan melon adalah buah-buahan yang rasanya enak. Coba juga sayur-sayuran, bisa dimakan langsung atau dimasukkan ke dalam sandwich, atau dibuat menjadi salad.

Ingin hidup sehat? Cobalah tips-tips di atas.

dok. Aneta ivanova on unsplash

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto Cover (dok. Erik Witsoe on Unsplash)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here