Pengaruh suplemen pada kesehatan ginjal tergantung, pada masalah kesehatan yang mendasari individu, dan tergantung pada jenis suplemen. Namun, ada laporan tentang penggunaan suplemen tertentu yang menyebabkan masalah ginjal. Bahkan berdasarkan  penelitian kedokteran tahun 2012 terdapat 15 herbal dan suplemen yang dilaporkan telah menyebabkan masalah ginjal, termasuk kromium, creatine, licorice, kulit pohon willow,  vitamin C dan yohimbe (Clin J Am Soc Nephrol 2012).

Mengambil dosis tinggi vitamin C (1-gram atau lebih setiap hari), misalnya, telah dikaitkan dengan peningkatan risiko batu ginjal, terutama pada orang dengan riwayat batu ginjal. Suplementasi dengan tablet cranberry dapat menimbulkan risiko serupa pada orang dengan  riwayat batu ginjal (Urology 2001).

Pada pasien diabetes dengan penyakit ginjal stadium lanjut, dosis vitamin B harian yang tinggi (folat, B6 dan B12) ditemukan dalam satu penelitian untuk memperburuk fungsi ginjal dan menggandakan risiko serangan jantung dan kematian.

Jika Anda menggunakan obat imunosupresif, kemudian mengonsumsi sejumlah besar kunyit/ kurkumin dapat menyebabkan kerusakan ginjal – mungkin karena berkurangnya metabolisme obat.

Mineral seperti kalium, kalsium, magnesium dan fosfor juga memiliki potensi untuk memengaruhi fungsi ginjal. National Kidney Foundation menyarankan orang-orang dengan penyakit ginjal, orang-orang yang sedang menjalani dialisis, dan orang-orang yang telah menerima transplantasi ginjal untuk menghindari semua suplemen herbal dan  memberikan  daftar suplemen yang mungkin paling berbahaya.

NKF juga memperingatkan bahwa beberapa mineral, seperti potasium, yang terdapat dalam suplemen di mana Anda mungkin tidak mengharapkannya, seperti rimpang kunyit, primrose sore, daun mengkudu dan bawang putih semua bisa mengandung kalium. Kontaminasi logam berat dari suplemen adalah penyebab lain dari masalah ginjal (Clin J Am Soc Nephrol 2012).

Paparan jangka panjang terhadap kadmium yang berlebihan (yang terakumulasi dalam ginjal), misalnya, dapat menyebabkan kerusakan ginjal yang tidak dapat diperbaiki dan juga dapat melemahkan tulang. Ilmuwan juga telah melaporkan konsentrasi kadmium yang sangat tinggi pada beberapa bubuk cokelat yang populer.

Untuk menghindari paparan yang tidak perlu, sebaiknya gunakan suplemen yang telah diuji oleh organisasi pengujian yang independen, sehingga bisa dipastikan keamanannya.(Dr.Ikrar)

Berikut Daftar Suplemen Herbal Yang Berbahaya Bagi Penderita Gangguan Fungsi Ginjal: 

Astragalus Barberry Cat’s Claw
Apium Graveolens Creatine Goldenrod
Horsetail Huperzinea Java Tea Leaf
Licorice Root Nettle, Stinging Nettle Oregon Grape Root
Parsley Root Pennyroyal Ruta Graveolens
Uva Ursi Yohimbe

Foto Cover: Joshua Colemanon on Unsplash

 

SHARE
Previous articleVideo. Tanya Dr. Ikrar: Bagaimana Mekanisme Lupa & Cara Meningkatkan Daya Ingat
Next articleGagal Ginjal, Kenali Tanda-Tandanya
Dr. Taruna Ikrar, M.Pharm., MD., Ph.D. lahir di Makassar, 15 April 1969 adalah seorang dokter dan ilmuwan berkebangsaan Indonesia dalam bidang farmasi, jantung, dan syaraf, Peneliti di UC Irvine (2008-2016). Di dunia internasional, ia lebih dikenal sebagai salah satu peneliti yg memopulerkan sistem AlstR (allatostatin receptor) dalam tulisan yang telah dipublikasikan di jurnal Frontiers of Neural Circuit edisi 20, Januari 2012, dan metode pengobatan “gene therapy & Advanced Therapy” yang dipublikasikan di Nature 2013 dan 2017. Saat ini Dr. Ikrar merupakan Staf Ahli RS Kepresidenan RSPAD dan Cell Cure Center.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here