Apakah Anda belum tua tapi sudah sering perlu diingatkan orang lain tentang sesuatu ? Atau sudah merasa sering memasang alarm pada ponsel yang sebelumnya diberi catatan tentang sesuatu? Bila ya, mungkin daya ingat Anda sudah mulai berkurang.

Tapi hal-hal itu wajar terjadi bila Anda sudah berumur, katakanlah 55 tahun ke atas. Hampir semua orang mengalaminya. Menjadi tua dan pikiran dan daya ingat menurun.

Untungnya masih ada cara untuk mengakalinya. Bukan pada tablet-tablet atau kapsul, melainkan melalui makanan-makanan pilihan dan bernutrisi.

Tahun 1997 Journal of the American Geriatric Society melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa pasien dengan kadar vitamin C dan beta karotin yang tinggi pada darahnya memiliki nilai lebih baik ketika menjalani ujian kemampuan mengingat, perbendaharaan kata, dan dalam mengenal sesuatu. Wajar kiranya karena temuan lain menunjukkan bahwa kedua vitamin tersebut berperan sebagai anti oksidan yang dapat mencegah kerusakan pada sel otak dan bagian tubuh yang lain.

Zat lain yang diperlukan untuk meningkatkan daya ingat dan kemampuan berlajar adalah omega 3.Ini terutama bagi mereka yang sudah dewasa dan memiliki masalah kognitif yang kecil. Pernyataan tersebut berdasarkan penelitian pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of the Alzheimer’s Association. Omega 3 biasanya ditemukan dalam bentuk suplemen, namun beberapa juga ditemukan dalam makanan-makanan tertentu.

Banyak yang tak tahu bahwa zat-zat tersebut tidak dapat bekerja sendiri. Walaupun memang dapat membantu meningkatkan atau mempertahankan daya ingat. Namun, semakin banyak jenis nutrisi yang diserap tubuh, maka kemampuan otak akan semakin baik.

Beberapa makanan yang direkomendasikan untuk meningkatkan daya ingat adalah:

  • Alpukat: Alpukat baik untuk dikonsumsi malam hari. Kandungan vitamin C di dalamnya sangat tinggi.
  • Wortel: Termasuk makanan yang sangat mudah dikonsumsi. Baik untuk dicampurkan pada salad. Kaya akan beta karotin.
  • Ikan: Salmon dan tuna bisa menjadi pilihan makanan untuk meningkatkan daya ingat. Usahakan untuk memakannya seminggu sekali. Kandungan omega-3 pada ikan sangat tinggi.
  • Kenari: Biji kenari kaya akan omega-3. Ini bisa jadi solusi bagi mereka yang tidak menyukai ikan.
  • Ubi jalar: Bagi mereka yang senang mengonsumsi kentang, saatnya menggantinya dengan ubi jalar. Beta karotin dapat ditemui dalam jenis makanan ini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here