Insomnia adalah keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Hampir setiap orang pernah mengalami insomnia. Bahkan saat ini tak jarang yang sering terkena insomnia. Penyakit ini dapat menyerang semua usia. Insomnia disebabkan oleh stress dan banyak pikiran, sehingga menyebabkan sulit tidur.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengurangi insomnia.

  1. Hindari makan dan minum yang berlebihan ketika ingin tidur. Makanan berlebihan akan membuat perut tidak nyaman, sedangkan minum yang terlalu banyak menyebabkan sering ke toilet untuk buang air kecil sehingga mengganggu kegiatan tidur Anda.
  2. Tidurlah dalam suasana yang nyaman. Matikan lampu ketika ingin tidur sehingga membuat mata menjadi rileks. Jauhkan diri Anda dari hal-hal yang bising yang dapat mengganggu proses tidur Anda.
  3. Berolahragalah dengan teratur. Olahraga teratur dipercaya dapat membantu mengalami masalah sulit tidur. Dengan berolahraga, badan menjadi lebih segar dan membentuk antibodi tersendiri.
  4. Kurangi mengonsumsi minuman yang dapat mengurangi kantuk atau yang membuat Anda terjaga, seperti kopi, teh, alkohol atau merokok.
  5. Mandilah dengan air hangat selama menjelang tidur. Air hangat dipercaya dapat mengurangi ketegangan tubuh dan merangsang tidur.
  6. Tidurlah di tempat yang semestinya, yaitu tempat tidur. Tidur di tempat tidur membuat badan lebih rileks.
  7. Hentikan kegiatan seperti menonton TV, bermain game atau membaca buku agar tidur lebih terfokuskan.
  8. Jernihkan pikiran Anda. Terlalu banyak pikiran membuat stres dan dapat menyebabkan insomnia.
  9. Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur. Perubahan waktu tidur dapat memengaruhi jadwal tidur Anda selanjutnya.

Apabila langkah-langkah diatas masih belum dapat mengatasi insomnia Anda, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here