Zaman sekarang lingkungan di sekitar semakin mengerikan. Orangtua harus pintar dalam membesarkan anak agar tidak terjerat ke dunia hitam. Salah satunya adalah dunia narkoba.

Anda mendapati kelakuan anak Anda yang berubah. Menjadi agresif, cepat marah, serta keadaan fisiknya terlihat tidak sehat. Segera selidiki kegiatan anak Anda. Bisa saja mereka tengah bergumul dalam obat-obatan terlarang.

Ketika Anda memutuskan untuk menyelidiki anak Anda…

  1. Selidiki hubungan pertemanan anak Anda. Apakah hubungannya dengan salah satu temannya memburuk. Apakah anak Anda tiba-tiba memiliki teman / grup baru. Mintalah ke anak Anda untuk memperkenalkan semua teman-temannya biar Anda bisa menilai apakah teman anak Anda tidak membawa pengaruh buruk untuknya.
  2. 2. Catatlah apabila kebiasaan makan dan tidur anak Anda berubah. Awasi jam berapa biasanya anak Anda tidur dan makanan apa saja yang biasa dikonsumsi anak Anda. Lihatlah apabila ada tanda-tanda depresi atau menolak diri dari lingkungan sosial.
  3. Perhatikan apabila anak Anda mendadak tidak tertarik dengan kegiatan favoritnya. Misalkan anak Anda suka bermain basket atau alat musik. Ketika kegiatan itu ditinggalkan, tentu ada suatu hal yang membuatnya meninggalkan hobinya.
  4. Cek absensi anak Anda di sekolah. Apabila terdapat absen atau bolos sekolah, cari tahu apa penyebabnya
  5. Apabila anak Anda terlihat emosional dan cepat marah, cari tahu hal apa yang membuatnya temperamen.
  6. Lihatlah tingkah laku anak Anda. Anda patut mencurigai anak Anda apabila ia bertingkah sembrono dan tidak hati-hati dari hari ke hari.
  7. Perhatikan kejadian di sekitar rumah. Apakah uang Anda berkurang atau hilang? Pastikan letak keberadaan botol obat-obatan, alat-alat P3K, alat-alat yang berbentuk seperti pipa, alat suntik, ataupun bubuk.

Ketika Anda curiga anak Anda menggunakan narkoba

  1. Tanyakan kepada anak Anda apa yang telah terjadi baik di sekolah maupun di luar sekolah.
  2. Tunjukan kasih sayang Anda dengan berlaku tegas, disiplin menerapkan aturan.
  3. Ajarkan anak Anda bagaimana untuk menghindari dunia narkoba dan alkohol di masa yang akan datang. Hal ini juga supaya menyadarkan anak Anda mengenai bahaya narkoba.
  4. Rasa kepercayaan Anda menjadi berkurang kepada anak Anda. Diskusikan bersama anak Anda bagaimana agar anak Anda bisa memperoleh kembali kepercayaan dalam keluarga, misalnya dengan lebih sering berada di rumah, banyak beraktivitas di sekitar Anda, dan meningkatkan nilai-nilainya di sekolah.

Ketika anak Anda positif menggunakan narkoba

  1. Berbicaralah langsung kepada anak Anda mengenai bahaya narkoba. Beri penjelasan dan minta anak Anda untuk segera berhenti.
  2. Hindari menyalahkan diri Anda sendiri dan merasa lalai dalam mendidik anak. Kenyataannya, hal ini bisa menimpa siapa saja, dari background status ekonomi manapun. Lingkungan sekitar juga bisa menjadi penyebab semua ini.
  3. Lebih cepat Anda menangani masalah ini, lebih cepat Anda menolong anak Anda untuk melepaskan dari jerat dunia narkoba.
  4. Apabila anak Anda menolak untuk berbicara dengan Anda, carilah bantuan, misalnya dengan menghubungi guru pembimbing di sekolah, dokter, atau rumah sakit ketergantungan obat. Mungkin mereka bisa membantu Anda berbicara dengan anak Anda.

Hindari hal ini sejak dini. Jangan sampai terlambat! (Foto: Pixabay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here