Saat musim dingin dan musim hujan datang, penyakit yang mengikutinya adalah flu. Batuk, pilek, demam, semua mudah menyerang jika kita tidak menjaga kesehatan. Lalu ke dokter pun jadi langganan. Kenapa Anda tidak mencoba membuat alternatif obat sendiri di rumah untuk mencegah dan mengurangi sakit? Membuatnya pun mudah. Anda bisa mencoba di rumah.

Permen Madu

Kita bisa saja ke toko obat membeli permen obat batuk. Tapi tak ada salahnya kalau mencoba membuat sendiri, tidak susah, dan menghemat biaya. Tinggal siapkan jahe lalu diparut dan diambil air perasannya ½ sendok makan, 1 cup madu dan 4 tetes mint (peppermint) extract. Tuang madu dalam panci dan rebus. Setelah cukup panas, masukkan air perasan jahe dan mint extract lalu diaduk. Tunggu beberapa saat, setelah tercampur rata, angkat. Kemudian gelar kertas roti. Dengan menggunakan sendok teh, tuangkan sesendok demi sesendok lalu simpan di tempat yang dingin. Setelah mengeras, simpan dalam toples atau dibungkus satu-satu agar mudah dibawa saat bepergian.

Manisan Bawang Putih

Bawang putih memiliki banyak manfaat, termasuk berfungsi sebagai anti radang, mencegah demam dan sakit tenggorokan. Sepertinya malas bukan, kalau mesti mengunyah mentah, Bagaimana kalau dijadikan manisan rasa madu? Caranya ambil beberapa siung bawang putih dan kupas. Taruh dalam piring dan biarkan begitu saja sekitar 15 menit. Kemudian masukkan ke dalam jar dan tuangi madu murni. Tutup rapat lalu letakkan di dapur sekitar 3-5 hari agar madunya terserap oleh bawang. Setelah itu simpan ke dalam lemari es. Ketika badan mulai merasa terkena gejala demam atau flu, ambil bawang secukupnya dan kunyah seperti mengunyah manisan. Terutama saat perut kosong.

Minum Susu

Cobalah membuat susu rasa kayu manis. Siapkan 1 cup susu murni, 1 sendok teh madu dan 1 batang kayu manis. Rebus susu, setelah matang, tuang ke dalam jar atau mug dan masukkan 1 batang kayu manis. Tutup dan biarkan sekitar 10 menit. Setelah itu buka dan buang batang kayu manisnya, lalu tuang madu, aduk, dan minum. Dapat juga dengan rebusan 1 cup susu murni, masukkan ¼ kayu manis bubuk, 1 sendok teh madu, dan beberapa tetes vanilla extract. Aduk dan langsung diminum. Satu lagi jika ingin mencoba susu rasa kunyit. Rebus ½ liter susu murni, sambil masukkan 1 sendok teh bubuk kunyit, dan bubuk jahe serta bubuk kayu manis masing-masing ½  sendok teh. Tambahkan 4-5 biji kapulaga. Aduk dan biarkan sampai matang. Setelah itu dapat diminum langsung atau tambahkan 1 sendok teh madu bagi yang menyukai rasa yang lebih manis.

Membuat Sirup

Selain buah jeruk, buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang banyak. Karena itu saat flu, buah nanas merupakan salah satu buah yang penting untuk dikonsumsi. Agar tahan lama dan dikonsumsi sewaktu-waktu, buatlah sirup nanas. Caranya mudah. Kupas dan potong buahnya kecil-kecil, campurkan 1 sendok makan madu, ½ sendok teh bubuk cayenne pepper, sejempol ruas jahe yang sudah dikupas, dan perasan 1 buah jeruk. Lalu blender sampai halus dan masukkan ke dalam botol dan simpan di dalam lemari es. Minum beberapa sendok makan tiap hari saat badan mulai meriang.

Mandi Berendam

Mandi berendam dalam air garam bisa juga dijadikan detox untuk mengurangi racun dalam tubuh. Masukkan 1-2 cup garam Epsom, ½ cup garam laut, 1 cup baking soda, dan 2 sendok makan bubuk jahe atau beberapa ruas jahe yang telah dikupas ke dalam air hangat. Biarkan beberapa menit lalu berendamlah sekitar setengah jam atau kurang jika sudah merasa badan cukup berkeringat. Lebih baik sebelum, saat berendam dan sesudah berendam, minumlah beberapa gelas air putih. Agar tidak dehidrasi. Karena efek dari berendam ini memang membuat tubuh hangat dan berkeringat. Bahkan efeknya bisa bertahan beberapa menit setelahnya. Selesai berendam, keringkan tubuh dan cobalah rileks.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here