Dear Dr. Ikrar

Akhir-akhir ini, saya sering merasakan nyeri di persendian saya, bahkan di beberapa tempat ada muncul benjolan. Apakah ini merupakan penyakit Asam urat.Mohon penjelasannya.

Salam,

Alfian di Ternate

Jawaban

(Gambar Deposit Kristal urat dalam sendi)Pak Alfian yang kami hormati. Penyakit Asam Urat, atau dalam istilah kedokteran disebut, Artritis pirai atau gout adalah suatu proses inflamasi yang terjadi karena deposisi kristal asam urat pada jaringan sekitar sendi dan terjadi peningkatan konsentrasi asam urat (hiperurisemia). Gout dapat bersifat primer maupun sekunder. Gout primer merupakan akibat langsung pembentukan asam urat tubuh yang berlebihan atau ekskresi asam urat yang berkurang akibat proses penyakit lain atau pemakaian obat tertentu. Artritis pirai (gout) adalah penyakit yang sering ditemukan dan tersebar di seluruh dunia.

Manifestasi klinis deposisi asam urat meliputi Artritis gout akut, akumulasi kristal pada jaringan yang merusak tulang, batu asam urat dan yang jarang adalah gagal ginjal. Gangguan metabolisme yang mendasarkan gout adalah hiperurisemia yang didefinisikan sebagai peninggian kadar urat lebih dari 7,0 ml/dl dan 6,0 mg/dl. Gout merupakan penyakit dominan pada pria dewasa. Di Indonesia belum banyak publikasi epidemiologi tentang Artritis pirai (AP), salah satu studi yang lama di Massachusetts mendapat lebih dari 1% dari populasi dengan kadar asam urat kurang dari 7 mg/100ml pernah mendapat serangan Artritis gout akut.

Melihat, gejala yang pak Alfian alami, kelihatannya, besar kemungkinan Bapak Menderita penyakit ini. Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat. (Dr. Ikrar)