Apakah Anda selalu bekerja di depan komputer dalam jangka waktu lama? Atau Anda harus bekerja di bawah terik matahari yang panas, suka membaca, terlalu sering nonton televisi? atau mengenakan kacamata?

Semua orang pasti pernah mengalami kelelahan pada mata, yang biasanya ditandai dengan berbagai masalah mata seperti, rasa gatal atau sepet, lelah, mengantuk. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan
mata dan memastikan penglihatan Anda tetap baik. Mencegah lebih baik daripada mengobati, untuk itu menjaga kesehatan mata harus jadi prioritas.

BERIKUT BEBERAPA CARA MUDAH MENJAGA MATA AGAR TETAP SEHAT

  • Istirahatkan mata. Lakukan ini: pejamkan mata sejenak. Kedipkan mata berkali-kali sambil sesekali melihat fokus di depan mata. Cara ini menurunkan ketegangan. Bila Anda terlalu lama melihat dalam jarak yang dekat, alihkan pandangan ke arah yang jauh. Relaksasikan kerja mata, lakukan ini secara periodik, misal selama 5 menit atau setiap 30 menit.
  • Lepaskan kacamata atau lensa kontak bila tak diperlukan… terlalu lama menggunakan kacamata juga bisa
    membuat mata lelah. Sejenak bebaskan mata dari alat bantu, tapi segera pakai lagi kacamata bila merasa harus mengenakannya.
  • Anda bekerja terus-menerus di belakang meja dan depan layar komputer, atau harus mengamati benda-benda kecil, istirahatkan diri setiap 30 menit. Misal, berjalan-jalanlah ke sekitar ruangan, melihatlah ke luar jendela, atau memandang ke kejauhan. Ketegangan pikiran juga bisa membuat mata tegang. Mengistirahatkan pikiran
    dengan rileks atau melakukan kegiatan yang disukai bisa dicoba untuk menurunkan ketegangan mata.
  • Bekerjalah dengan cahaya yang cukup. Jangan terlalu gelap atau redup, jangan pula terlalu terang, karena cahaya yang terlalu terang juga bisa membuat mata bekerja terlalu keras.
  • Kurangi jam menonton tv. Bila Anda gemar menonton tv, maka coba kurangi jam menonton. Anda bisa mensiasatinya dengan tidak menonton klip-klip iklan di sela-sela acara. Atau bisa juga mengikuti program musik atau berita di tv tanpa harus menontonnya, tapi mendengarkan saja.
  • Kenakan kacamata pelindung. Untuk Anda yang bekerja di bawah terik matahari, kenakan kacamata pelindung sinar ultra violet. Perhatikan, jangan hanya memilih demi gaya dan mode, tapi pilih kacamata yang benar-benar bisa melindungi mata Anda dari sinar ultra violet.
  • Periksakan mata secara berkala, paling tidak setahun sekali. Untuk Anda yang berkacamata, pemeriksaan mata berkala diperlukan untuk mengetahui dan menyesuaikan kacamata. Mintalah cairan penyegar mata dari dokter mata Anda, dan gunakan secara teratur untuk mengatasi kelelahan mata.
  • Makan makanan sehat. Asupan juga berperan penting untuk kesehatan mata, karena itu banyak dokter menyarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan bergizi, di antaranya sayuran, buah, dan sereal. Tak hanya mengasup, tapi juga mengurangi beberapa bahan seperti gula dan garam, pasalnya makanan yang mengandung gula bisa mengakibatkan pembengkakan lensa bagian dalam, terutama bagi mereka yang
    mengalami gangguan untuk melihat jarak jauh. Perbanyak asupan yang mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. (Kabari1001)