Kebersihan pangkal kesehatan, karena itu kebersihan yang ada sekitar Anda juga perlu diperhatikan. Sebagian kotoran tidak mudah dihilangkan, contoh noda membandel pada pakaian, sprei, taplak, bahkan gorden. Karena bingung bagaimana menghilangkannya, biasanya semua yang bernoda hanya disimpan. Jangan tumpuk kain bernoda di lemari, karena Anda bisa memakainya lagi. Yuk buktikan keampuhan bahan-bahan alami yang bisa mengatasi kain yang bermasalah dengan noda.

NODA TINTA PULPEN

Lupa mengantongi pulpen dan bocor di baju putih. Jangan langsung dibuang atau bingung mengatasinya. Untuk menghilangkan noda tinta gunakan alkohol dengan konsetrat 70 persen. Siapkan beberapa tetes alkohol dalam sebuah baskom berisi air, kemudian tambahkan detergen, tunggu sampai detergen larut lalu masukkan pakaian dan rendam selama 20 menit. Terakhir kucek sebentar di bagian noda yang tersisa, lalu bilas dengan air bersih.

NODA PERMEN KARET

Noda permen karet jika didiamkan akan menghitam dan jika sudah menempel susah dihilangkan. Cara mengatasinya siapkan kapas dan cuka. Tempelkan pada noda, gosok perlahan sampai noda terkelupas. Kedua bahan tersebut bisa dengan mudah membersihkan sisa-sisa permen karet yang menempel. Namun jika cara di atas belum manjur gunakan putih telur, oleskan di atas noda lalu bersihkan dengan sabun. Cara ini juga ampuh mengatasi noda permen karet yang membandel.

NODA LUNTUR

Kebiasaan mencampur cucian berwarna dengan cucian putih membuat pakaian kelunturan, alhasil pakaian jadi tidak terpakai. Daripada disimpan, mari bersihkan. Caranya siapkan satu baskom air dan beri beberapa tetes cuka, rendam pakaian selama 30 menit, kemudian kucek. Warna pakaian akan kembali seperti semua, dan katakan bye bye luntur.

NODA GETAH

Noda getah sangat sulit diatasi apalagi getah pisang yang meninggalkan noda hitam dan sulit dicuci. Coba cara ini, mudah-mudahan bisa menolong pakaian yang terkena getah. Setelah terkena getah segera siram dengan air panas. Bila belum hilang, rencam pakaian dengan air yang dicampur dengan tepung sagu. Diamkan selama 20 menit, kucek dan bilas.

NODA LILIN

Taplak terkena tetesan lilin sulit dibersihkan. Gunakan pisau kecil untuk membuang bekas lilin yang ada, lalu taruh 2 lembar tisu pada taplak yang terkena noda di dua sisi yang berbeda, dan setrika di kedua sisi yang berbeda (bolak balik) lakukan beberapa kali sampai noda lilin terlepas dan menempel ke tisu.

NODA MINYAK

Semua ibu rumah tangga pasti pernah mengalami kondisi pakaian terkena minyak saat mengolah masakan di dapur. Untuk membersihkannya diperlukan tepung atau bisa juga dengan bedak tabur. Caranya taburkan tepung atau bedak pada noda minyak, diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat. Cuci bersih. Noda minyak akan terserap oleh tepung dan terangkat air hangat saat dibersihkan.

NODA KARAT

Untuk menghilangkan noda karat bisa mengandalkan garam dan cuka, caranya tetesi bagain yang terkena noda karat dengan campuran cuka dan garam. Kucek bagian noda sampai bersih.

BINTIK HITAM AKIBAT JAMUR

Mengatasi jamur yang meninggalkan bintik hitam pada kain bisa diatasi dengan sitrun dan air panas. Caranya rendam pakaian atau kain pada campuran air panas, yang dibubuhi sitrun, diamkan sampai air menjadi dingin, lalu kucek bagian noda. Bilas dengan air bersih.

NODA DARAH

Biasanya wanita mengalami ‘bocor’ saat menstruasi dan menodai seprai. Cara mudah menghilangkannya, siapkan baking soda dan garam. Campur keduanya dan tambahkan air secukupnya. Rendam seprai hingga 30 menit, kemudian kucek bagian noda dan cuci bersih. Selamat mencoba. (KABARI1001/ Foto: dok.Ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here