Pernah merasakan tubuh terasa lemas ketika pekerjaan menumpuk? Saat kondisi tubuh capek jangan biarkan virus menyerang. Karena ketika tubuh drop secara tidak langsung menurunkan imun tubuh, untuk itu atasi dengan cara bekerja sama dengan tubuh supaya jangan sampai sakit. Bagaimana caranya? Ada beberapa cara untuk menjaga sistem  imun tubuh.

Kurangi Stres

Stres kronis selalu mengakibatkan penurunan fungsi imun. Hidup tanpa stres sepertinya tak mungkin. Tapi jika stres menjadi hal yang rutin Anda alami, sudah saatnya Anda melakukan perubahan. Kurangi stres dengan melakukan relaksasi ketika mandi di malam hari dan tidur lebih dini dari kebiasaan Anda.

Banyak Mengonsumsi Makanan Kaya Protein

Untuk memperkuat sistem imun dibutuhkan banyak protein. Untuk memberikan protein yang cukup, tubuh membutuhkan vitamin. Menu makanan pun harus kaya protein, seperti daging, buah, dan sayuran.

Hindari Minuman Beralkohol

Pada cuaca dingin atau ketika keluar di malam hari, mungkin demi alasan menghangatkan tubuh Anda mengonsumsi alkohol. Satu gelas kecil minuman beralkohol saja bisa membuat badan hangat. Tapi ingat, alkohol justru memperlemah sistem imun tubuh. Semakin banyak Anda mengonsumsi alkohol, semakin lemah sistem imun Anda.

Konsumsi Makanan yang Memperkuat Imunitas

Bawang putih, bawang Bombai, brokoli, wortel, teh, dan jahe bisa menjadi pilihan. Makanan tersebut mampu meningkatkan imunitas.

Aromaterapi

Jika Anda ingin membuat udara di ruangan menjadi bersih, gunakanlah aromaterapi. Minyak teh, pepermint, eucalyptus dan cypress adalah pilihan yang tepat. Selain itu, bahan-bahan aromaterapi tersebut juga memiliki efek menguntungkan pada sistem imun.

Olahraga pada Cuaca Tertentu

Berolahraga ketika cuaca dingin menjadi metode untuk memperkuat tubuh. Namun, kegiatan ini akan memberi manfaat hanya ketika dilakukan pada saat tubuh fit. Jika Anda tak sehat, jangan pernah melakukannya karena akan memperburuk kondisi tubuh.

Senyuman Mampu Hindari Penyakit

Ketika merasa lemas dan kurang sehat, cobalah tersenyum. Pikiran kita memiliki peranan penting untuk menyehatkan tubuh. Kebahagiaan dan emosi positif juga menjadi cara terbaik untuk menjaga kesehatan kita.
(Kabari1001/ Foto:dok. ist)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here