Tubuh sering terasa lemas dan pusing, hati-hati Anda terkena anemia. Anemia merupakan kondisi tubuh kekurangan hemoglobin. Umumnya hemoglobin dalam darah adalah 13,5-18 gram/dl untuk pria dan 12-16 gram/dl untuk wanita.

Kenali ciri-ciri kurang darah, antara lain sering terasa sakit kepala, badan mudah lemas, wajah pucat, jantung berdebar-debar, ujung jari berwarna putih, sesak napas dan kekebalan tubuh menurun. Anemia bisa terjadi akibat beberapa faktor, yakni karena kurangnya asupan nutrisi pembentuk sel darah merah,terlalu lelah, stres, pendarahan, maupun karena suatu penyakit tertentu yang menyebabkan penurunan sel darah merah.

Cara mudah mengatasi anemia adalah mengonsumsi buah-buahan segar untuk penambah darah. Berbagai jenis buah mempunyai kandungan nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan zat hemoglobin darah. Buah-buahan juga efektif mencegah gejala anemia, karena buah merupakan sumber utama vitamin dan berbagai mineral yang sangat penting dan diperlukan oleh tubuh. Vitamin dan mineral mempunyai peranan penting dalam mengatur proses metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja hormon dan enzim dan berperan membentuk sel-sel dalam berbagai jaringan tubuh termasuk membentuk sel darah merah.

Jika kurang suka mengonsumsi buah-buahan langsung, bisa disiasati dengan menghaluskannya atau dijus. Meski diolah kesegaran buah tetap terjaga jika dibuat dengan benar dan langsung dikonsumsi. Berikut Buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk penambah darah :

MANGGA

Buah mangga kaya akan serat yang mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B6, C, E dan K, di dalamnya juga terdapat folat, zat besi, zat magnesium, mangan dan seng. Semua kandungan tersebut berperan dalam pembentukan sel darah merah sehingga efektif dikonsumsi untuk mengatasi anemia. Buah mangga bisa dikonsumsi langsung maupun dijus, pilihlah buah mangga yang matang dan harum, jus tanpa menambahkan pemanis apapun.

JERUK

Buah yang mengandung vitamin C dosis tinggi ini pun bermanfaat sebagai buah penambah darah. Nutrisi dan vitamin dalam jeruk berperan aktif dalam pembentukan sel darah merah. Buah jeruk juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit, serta menjaga kesegaran dan mempercantik kulit. Perasan air jeruk bisa langsung dikonsumsi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal jangan mencampurnya dengan pemanis apapun.

Stroberi

Stroberi mengandung antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan vitamin pada stroberi juga dapat mengatasi anemia. Rasanya memang agak kecut, namun jangan ragukan khasiatnya, jus buah stroberi dapat membantu tubuh meningkatkan produksi sel darah merah.

BUAH NAGA MERAH

Buah yang kaya zat besi ini juga ampuh sebagai penambah darah. Dari warna gadingnya bisa terlihat bahwa buah ini memiliki zat pembentuk sel darah merah. Berdasarkan penelitian jus buah naga merah mengandung antioksidan tinggi. Buah ini juga dikenal memiliki manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Buah ini dikonsumsi langsung.

JAMBU KLUTUK (BIJI MERAH)

Jambu biji sangat enak dibuat jus, di dalamnya terkandung berbagai mineral dan vitamin menguntungkan antara lain vitamin A, C, B1 dan zat yang berperan penting dalam pembentukan hemoglobia sehingga sangat bermanfaat sebagai buah penambah darah. Jus jambu biji berkhasiat meningkatkan kadar trombosit sehingga disarankan untuk dikonsumsi penderita demam berdarah. (Kabari1001)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here