Hidup memang penuh dengan pelajaran. Beberapa darinya dipelajari dalam sekejap — seperti saat Anda menyentuh kompor yang panas. Lainnya akan memerlukan waktu untuk dipelajari secara saksama — misalnya, apa arti sebenarnya dalam jatuh cinta. Namun terlepas dari ukuran pelajaran-pelajaran tersebut, ada 30 di antaranya yang penting yang semua orang harus ketahui sebelum beranjak dari awal masa dewasa dan memulai tahap berikutnya dari hidup mereka.

PERKEMBANGAN DIRI

  1. Kebiasaan-kebiasaan Anda dapat membantu atau merusak Anda. Segala kegiatan adalah sebuah batu bata, maka apa yang Anda lakukan sehari-hari itulah yang menentukan Anda akan berakhir dengan rumah seperti apa. Anda adalah rumah yang Anda bangun sendiri.
  2. Hasil diri Anda tergantung pada Anda sendiri. Jika bentuk tubuh Anda mencerminkan apa yang Anda konsumsi, maka pikiran Anda mencerminkan apa yang Anda baca dan pelajari. Isilah pikiran Anda dengan halhal yang bagus — bukan permen, tapi seperti media sosial.
  3. Anda tidak bisa membandingkan takdir Anda dengan takdir orang lain. Masing-masing dari kita memiliki rintangan sendiri, dan masing-masing dari kita memiliki kemenangan kita sendiri. Takdir Anda adalah milik Anda karena adanya hikmah tersendiri di balik itu. Perhatikanlah pelajaran-pelajaran yang diciptakan untuk Anda dan Anda sendiri.
  4. Kalangan terdekat Anda adalah “tim impian” Anda. Jika membiarkan orang-orang negatif berada dalam lingkungan Anda, impian Anda akan sirna. Jika Anda dikelilingi oleh orang-orang positif dan penuh semangat, impian Anda akan berkembang. Semua terserah Anda untuk membangun “tim impian” Anda yang sesuai.
  5. Hidup Anda mencerminkan seberapa baik Anda mengenal diri Anda sendiri. Semua selalu kembali ke kesadaran diri. Semakin Anda bersedia menghadapi ketakutan, kesulitan, dan inti dari konflik Anda, semakin banyak kesadaran diri yang Anda dapatkan dan semakin bahagia Anda.

PRODUKTIVITAS

  1. Bagaimana Anda menginvestasikan waktu Anda mencerminkan bagaimana Anda menginvestasikan uang Anda. Kecerdasan dan kekayaan memang mengharuskan pengorbanan waktu yang berharga. Mereka melihat setiap jam, hari, pekan, bulan, dan seterusnya sebagai kesempatan untuk berinvestasi secara baik dalam mereka sendiri. Anda juga harus seperti itu.
  2. Agar menjadi produktif, Anda harus menyingkirkan gangguan. Produktifitas bukanlah soal multitasking. Justru sebaliknya. Produktifitas adalah soal melakukan hal-hal yang lebih sedikit, sehingga Anda dapat benar-benar bekerja dengan lebih saksama.
  3. Jika Anda tidak dapat melakukan hal-hal yang seharusnya diselesaikan, ketakutan akan datang. Kita biasanya menghindari hal-hal yang kita tidak ingin lakukan — atau bahkan lebih buruk lagi, kita mengira kita dapat melakukan semua hal tersebut. Inilah mengapa rencana-rencana awal dan ide-ide buku lebih sering terkubur di dapur belakang. Untuk menyelesaikan hal-hal tersebut, Anda harus menghadapi hal-hal yang menahan Anda.
  4. Efisiensi adalah sebuah proses. Anda tidak akan selalu berhasil pada kali pertama atau kedua. Ini berarti agar menjadi sepenuhnya produktif, Anda harus bisa taat kepada proses dari pencarian cara untuk terus berkembang dalam jangka waktu yang lama.
  5. Gagal dalam persiapan berarti menyiapkan diri untuk gagal. Anda tidak bisa mengharapkan diri Anda untuk bergerak melalui banyak rintangan dengan cepat dan efektif jika Anda belum menyiapkan diri untuk sukses. Apa yang Anda lakukan sekarang berpengaruh terhadap di mana Anda akan memulai besok.

HUBUNGAN

  1. Hubungan terpenting dalam hidup Anda adalah yang hubungan yang Anda miliki dengan diri sendiri. Tanpa hubungan yang baik dengan diri Anda sendiri, hubungan-hubungan lain dalam hidup Anda tidak akan bisa bertahan. Semua selalu bermula dari Anda sendiri.
  2. Persahabatan dan hubungan merupakan kolaborasi. Mereka bukanlah hal yang terjadi dalam satu arah. Hubungan yang sehat membuat kedua pihak lebih baik.
  3. Kepercayaan dibangun melalui perbuatan, bukan kata-kata. Anda tidak bisa memerhatikan apa yang orang-orang katakan atau janjikan, hanyalah apa yang mereka benar-benar lakukan. Bagaimana seseorang bersikap akan memberitahu Anda akan semua yang Anda perlu ketahui.
  4. Hubungan yang benar dibangun dari kerentanan. Tidak peduli apakah itu persahabatan, hubungan dengan kekasih, atau bahkan koneksi bisnis, hubungan terbaik diakari oleh tingkat kerentanan. Pada akhir cerita, kita semua sama-sama mencari tahu tentang arti kehidupan. Kita ingin memiliki koneksi yang tulus.
  5. Setiap hubungan memiliki suka duka. Konflik dan perselisihan memang tidak dapat dihindari. Yang terpenting adalah bagaimana masing-masing konflik tersebut diselesaikan. Dan kuncinya adalah untuk selalu tetap menghormati dan kondusif sehingga kedua pihak bisa mendengar dan memahami.

KESEHATAN

  1. Tubuh Anda adalah rumah ibadah Anda. Perlakukanlah dengan baik.
  2. Terlalu banyak gula dan Anda akan rusak. Mengonsumsi gula-gula dan menjamu diri sendiri dengan makanan olahan bukanlah bagian dari gaya hidup sehat. Tubuh Anda adalah cerminan diri Anda, kebiasaan Anda, bagaimana Anda memelihara diri Anda, semuanya. Singkirkanlah hal-hal yang buruk.
  3. Kurang tidur bukanlah sebuah kemenangan. Menyombongkan diri tentang hanya mendapatkan waktu tidur selama tiga jam bukanlah hal yang seharusnya dibanggakan. Justru itu menunjukkan masalah kurangnya keseimbangan yang parah dan alur kerja yang lemah. Hidup adalah maraton, bukan lari sprint.
  4. Aktivitas fisik itu penting untuk kesejahteraan personal. Tak peduli betapa sibuknya Anda atau keadaan sekitar, Anda harus selalu bisa menyisihkan waktu untuk memelihara kondisi fisik Anda. Berolahraga adalah kuncinya. Jika tidak, Anda akan merasakan akibatnya sendiri.
  5. Kopi memang bagus, tapi terlalu banyak kopi tidak. Saat seluruh dietmu berefek ke jadwal istirahat Anda, sudah waktunya Anda menghadapi masalah tidur Anda.

KARIR

  1. Anda tidak bisa ke manapun dengan cepat dengan menyerobot. Tidak ada jalan pintas. Mendorong seseorang ke bawah sementara Anda memanjat ke atas hanya akan berakibat buruk untuk Anda sendiri. Fokuslah dalam menginvestikan diri serta keahliankeahlian Anda dan biarkan lainnya bekerja sendiri.
  2. Reputasi Anda adalah segalanya. Di atas semuanya, Anda akan selalu menginginkan mantan atasan, rekan kerja, mitra, dan kolaborator untuk berbicara hal-hal baik tentangmu. Menegakkan reputasi Anda adalah segalanya saat membicarakan soal membangun karir yang sukses untuk diri Anda sendiri.
  3. Ini bukan soal apa yang telah Anda lakukan, tapi apa yang sedang Anda lakukan. Terutama di dunia media digital baru dan personal branding, orang-orang ingin tahu perhatian siapa saja yang Anda dapatkan sekarang. Pengaruh apa yang Anda buat saat ini.
  4. Kerendahan hati membantu Anda lebih banyak daripada keberanian. Ini bukan soal meyakinkan semua orang betapa banyak hal yang Anda ketahui. Ini soal menunjukkan mereka bahwa Anda adalah pemain tim dengan mau mendengarkan, belajar, dan menambahkan kualitas semampu Anda. Tidak ada yang menyukai pencari perhatian.
  5. Menjadi pemimpin tidak ada hubungannya dengan posisi resmi kepemimpinan. Hanya karena Anda memiliki gelar besar yang bagus bukan berarti orang-orang akan mendengarkan Anda, atau bahkan menganggap Anda serius. Untuk memimpin sebuah tim dengan efektif, semua bermula dengan menetapkan diri Anda pada standar yang tinggi dan memimpin dengan contoh.

KESUKSESAN

  1. Jangan mengincar kesempurnaan. Incarlah penerapan yang sempurna. Ini bukan soal mengincar gambaran indah dari hasil akhir. Ini soal bagaimana menangani setiap langkah dengan niat yang baik. Itulah cara Anda menciptakan sesuatu yang layak dipersembahkan kepada dunia pada akhir cerita.
  2. Penghargaan eksternal itu cepat berlalu dan tidak memuaskan. Memang menyenangkan, tentu saja, tetapi penghargaan itu bukanlah tujuan akhir — bukan dalam jangka yang panjang. Yang lebih bernilai dan menentukan kualitas hidup Anda adalah seberapa banyak hidup orang-orang yang Anda bisa pengaruhi untuk ke arah yang lebih baik.
  3. Percaya akan sensasi Anda adalah hal yang berbahaya. Tidak peduli apa saja yang telah Anda raih, atau betapa sukses Anda terlihat di mata orang-orang,Anda harus tetap ingat dengan anak yang memulai perjalanannya karena penuh rasa ingin tahu. Anda jangan pernah lupakan rasa ingin tahu tersebut.
  4. Anda hanya bernilai sebesar risiko terakhir yang Anda ambil. Jika Anda harus bergantung pada peraihan terakhir (yang mungkin terjadi sudah lama sekali) untuk menjelaskan bakat Anda yang Anda miliki sekarang, Anda telah jatuh mandek. Kesuksesan jangka panjang adalah soal terus-menerus mendorong diri Anda sendiri untuk mengambil risiko besar berikutnya.
  5. Di suatu tempat, seseorang yang jauh lebih muda dari Anda sedang melatih impiannya, untuk mengambil posisi Anda. Ingatlah itu. Seseorang bisa meraih puncak gunung. Yang sulit adalah tetap berada di atas sana. (Kabari/ foto:dok.ist)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here