Menjalani hidup sehat tidak cukup hanya mengonsumsi makanan sehat, tapi juga harus diimbangi dengan olahraga. Namun kenyataannya, masih banyak orang beralasan tak punya waktu untuk berolahraga karena aktivitasnya tersita oleh pekerjaan.

Sebenarnya sibuk bukan alasan untuk tidak melakukan gerak tubuh, karena aktivitas fisik bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, asalkan Anda mau. Setiap gerakan yang Anda lakukan adalah aktivitas. Jadi jangan beralasan Anda tidak punya waktu untuk ‘bergerak’, karena Anda bisa melakukannya tanpa membuang waktu. Cara tersebut juga sehat jika dikelola dengan baik. Tanpa meluangkan waktu, setiap hari Anda berjalan kaki. Contoh mudah, berjalan kaki.

Tak punya waktu untuk olahraga? Berikut beberapa cara menyiasatinya.

Dimulai dari Anda bangun tidur.

Jika biasanya Anda langsung beranjak dari tempat tidur, cobalah untuk meregangkan otot-otot dan melenturkan sendi sesaat setelah Anda bangun tidur. Duduk di tepi tempat tidur sambil menggoyangkan kaki, tangan dalam hitungan 2×15. Kemudian berjalan keluar kamar menuju kamar mandi atau ke tempat lain. Sambil berjalan Anda bisa terus menggerakkan bagian tubuh Anda untuk memperlancar peredaran darah.

Berjalan kaki menjadi aktivitas rutin yang Anda lakukan setiap hari

Tanpa harus menyita waktu, Anda bisa melakukannya setiap saat. Sempatkan 10- 20 menit setiap hari untuk berjalan kaki. Anda tidak punya waktu untuk jalan kaki? Manfaatkan makan siang keluar kantor dengan berjalan kaki. Pilih tangga dan lupakan lift bisa jadi alternatif olahraga dengan bonus membakar kalori.

Melatih otot perut saat jam kerja.

Tampa harus beranjak dari meja kerja, sebenarnya Anda bisa berolahraga ringan. Caranya, ambil posisi duduk, kencangkan otot perut, angkat kedua kaki, tahan hingga beberapa detik. Lakukan beberapa kali. Latihan sederhana ini bisa bermanfaat untuk menguatkan otot perut bagian bawah sekaligus mengurangi risiko nyeri punggung akibat terlalu sering duduk.

Melatih gerakan ringan

Terlalu lama duduk saat bekerja membuat bagian punggung dan pinggang terasa pegal. Sesekali lakukan relaksasi dengan gerakan ringan. Caranya, dalam posisi duduk rileks, pegang bagian kanan kursi dengan tangan kiri, putar badan dengan perlahan ke arah kanan, tahan hingga beberapa detik dan rasakan peregangan otot di bagian punggung hingga pinggang. Lakukan bergantian juga arah sebaliknya. Cara lain, masih posisi duduk. Tundukkan badan, raih atau pegang mata kaki dengan kedua tangan, rasakan peregangannya dan tahan hingga beberapa detik.

Lakukan meditasi

Sebelum tidur, sempatkan waktu 20-30 menit untuk melakukan meditasi. Mengatur nafas dengan duduk bersila yang bermanfaat untuk mengistirahatkan tubuh. Cara ini membantu menghilangkan stres dan membuat tidur Anda lebih lelap. Pikiran lebih tenang, nyaman sehingga keesokan harinya dapat kembali beraktivitas dengan bugar.

Anda wajib tahu keuntungan melakukan peregangan secara teratur

  • Membuat otot lebih lentur dan memanjang. Otot yang lentur akan memberikan daya jangkau yang lebih luas dan gerakan yang lebih luwes.
  • Otot Anda tidak akan merasa nyeri setelah melakukan olahraga.
  • Mengurangi stres otot dan kekakuan otot.
  • Mengurangi resiko cedera.
  • Membuat tubuh terasa lebih nyaman. (Kabari1001)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here