Polesan wajah sudah cantik, pakaian sudah matching tapi saat menyisir ada serpihan ketombe berjatuhan mengotori baju. Yah langsung bad mood deh!. Bagi wanita penampilan adalah yang utama, apalagi saat ada janji penting. Rambut menjadi salah satu hal yang diperhatikan selain riasan dan pakaian, karena itu munculnya ketombe bikin geregetan.

Hampir semua produk shampo yang diiklankan pernah dicoba, tapi ketombe tetap membandel, bagaimana solusinya?

Jangan putus asa, masih banyak cara untuk mengatasinya, cobalah beralih ke bahan alami yang tentunya aman dan dijamin ketombe tak mau balik lagi. Banyak faktor yang menyebabkan ketombe bersarang di rambut, mulai dari kondisi kulit kepala yang bermasalah, stres, gaya hidup hingga salah pemilihan shampo.

Anda tahu baking soda? Ya, bubuk yang biasanya digunakan untuk mengembangkan adonan kue ini ternyata punya banyak manfaat. Salah satunya untuk mengatasi ketombe. Jangankan ketombe, noda membandel pun bisa langsung dibabat habis dengan bakin soda. Masih nggak percaya? Mari buktikan!

Siapkan 1-3 sendok makan baking soda. Anda bisa menakarnya sesuai dengan panjang rambut. Untuk rambut pendek 1 sendok makan sudah cukup, jika lebih panjang bisa 2 dan seterusnya. Langkah pertama, basahi rambut, lalu taburkan baking soda pada kulit kepala, gosok perlahan dengan lembut sampai rata, diamkan sejenak. Bilas rambut Anda sampai bersih, tidak perlu pakai shampo, biarkan baking soda bekerja membersihkan rambut Anda.

Ada satu lagi pilihan alami yang patut dicoba, yakni dengan lemon. Lemon juga dipercaya dapat menghilangkan ketombe dalam sekali perawatan, bahkan membuat rambut Anda lebih segar dan kuat. Sari lemon juga bekerja sebagai serum untuk memperkuat akar rambut.

Caranya, siapkan 1-2 buah lemon, peras airnya, bagi menjadi dua bagian. Sediakan juga wadah berisi air, larutkan sebagian sari lemon ke dalamnya. Usahakan kondisi rambut dalam keadaan bersih atau setelah keramas, aplikasikan sari lemon murni pada kulit kepala yang berketombe, pijat lembut sampai merata, diamkan 10 menit. Langkah selanjutnya, bilas dengan air yang sudah dicampur dengan sari lemon, cuci bersih dan keringkan dengan handuk sambil diangin-anginkan. Perawatan ini akan membuat kulit kepala Anda lebih segar, rambut lebih kuat dan ketombe kabur. Selamat mencoba!. (Kabari1001)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here