Anda tergoda ngemil? Pilih camilan sehat supaya diet Anda tidak terganggu. Apa saja jenis camilannya? Cari tahu yuks.

Keripik, kacang, aneka gorengan, cokelat, es krim dan camilan lainnya kerap kali ‘menggoda’. Ingin sekali rasanya menyantap walau hanya mencicip, tapi apa daya program diet sedang berjalan, hiks. Godaan ini kerap muncul di saat-saat santai, nonton TV, nongkrong di cafe bersama sahabat atau bahkan saat sendiri dan mulut ingin sekali mengunyah. Lalu bagaimana mengatasinya?

Jangan khawatir, ada kok camilan sehat yang bisa Anda makan tanpa harus merasa bersalah. Memang sebagian orang beranggapan camilan adalah pantangan terberat saat diet, karena dianggap merusak program penurunan berat badan. Jangan langsung memutuskan untuk makan keripik atau gorengan, tapi pilihlah makanan atau camilan sehat yang tidak bikin gemuk, seperti berikut.

Kacang Almond

Siapa sih yang tidak suka makan kacang, hampir semua orang menyukainya. Bila sudah makan kacang, dijamin tidak mau berhenti. Rasanya yang gurih dan renyah membuat orang yang memakannya ingin lagi dan lagi. Pilihlah kacang almond yang terbukti sehat dan dianjurkan untuk dikonsumsi saat diet. Almond kaya akan serat, protein dan rendah kalori. Harganya memang agak mahal dari kacang lainnya, tapi perlu diketahui dalam almond terkandung antioksidan yang mampu mengatur kadar gula darah, memproduksi serotin yang dibutuhkan tubuh, melancarkan pencernaan dan membuat kenyang.

Buah Segar

Diet sehat tidak jauh dari buah. Buah mengandung banyak vitamin, serat dan protein yang baik bagi tubuh, karena itu makan buah sangat dianjurkan saat diet. Potongan buah segar, seperti apel, stroberi, kiwi, semangka, anggur bisa jadi camilan sehat di saat santai. Warna-warni buah juga mampu menambah selera makan. Tak perlu takut gagal diet karena semua buah yang dianjurkan rendah kalori.

Kuaci

Ingin makan keripik singkong atau keripik kentang, Anda bisa menggantinya dengan kuaci. Sama-sama gurih dan memberikan kenikmatan nyemil dari rasa asin dan renyah. Mana yang lebih sehat dan rendah kalori, tentu jawabnya kuaci. Biji bunga matahari ini mau dimakan seberapa banyak pun tidak akan membuat badan Anda gemuk. Jadi jangan ragu kalau ke supermarket, masukkan kuaci dalam keranjang belanjaan Anda ya.

Jelly atau agar-agar

Agar-agar juga bisa jadi camilan favorit saat sedang diet! Teksturnya yang kenyal dan juga mengandung serat bisa membuat Anda merasa kenyang. Sebungkus agar-agar ataupun jelly ternyata hanya mengandung sekitar 10 kalori saja. Jika ditambahkan dengan gula ataupun buah-buahan kalorinya akan bertambah hingga 70 – 80 saja. Tidak banyak bukan?

Yogurt

Semua orang tahu yogurt masuk dalam kategori makanan sehat. Di dalamnya terkandung magnesium yang dibutuhkan tubuh, dan yang paling penting untuk Anda yang melakukan diet kalori di dalamnya tidaklah tinggi. Supaya rasanya lebih nikmat, tak ada salahnya bila dikombinasikan dengan makanan-makanan yang aman untuk diet seperti sereal, oatmeal, dan potongan buah.

Jika tergoda ngemil, pilih yang sehat saja ya, pilih yang menguntungkan dan bisa membantu membakar lemak tubuh. Tujuan ngemil terpenuhi, Anda pun bisa tetap diet. (Kabari1001)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here