Hidup sehat dan makan makanan yang bergizi jadi alternatif mudah untuk mencegah pikun. Makanan apa saja itu?

Penurunan daya ingat atau biasa dikenal dengan sebutan pikun, memang lebih banyak dialami oleh mereka yang sudah berusia lanjut. Namun tidak menutup kemungkinan pikun juga mengancam kaum muda, pasalnya pikun disebabkan oleh banyak faktor di antaranya, usia, penurunan fungsi sel syaraf otak, gaya hidup, makanan, dan juga stres.

Asupan makanan yang baik tentu dapat memberi keuntungan, selain menyehatkan fisik makanan sehat juga menjaga kesehatan mental. Ayo, sebelum terlambat, tidak ada salahnya mengonsumsi makanan yang mampu meningkatkan fungsi otak Anda.

Sayuran hijau

Brokoli, bayam dan sayuran hijau lainnya mengandung vitamin K dan magnesium yang mampu meningkatkan kemampuan otak. Masukkan sayuran hijau dalam menu harian Anda, selain menyehatkan tubuh karena mengandung banyak serat dan antioksidan, sayuran hijau juga bisa membuat Anda tetap bugar dan tidak pelupa.

Tomat

Zat likopen dan antioksidan dalam tomat sangat baik untuk mencegah dan melindungi tubuh dari segala kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Buah yang sering diklasifikasikan sebagai sayuran ini memang memiliki manfaat yang luar biasa karena di dalamnya terkandung senyawa alfa lipoic, yang berkhasiat untuk mengontrol glukosa di dalam darah, meningkatkan vasidilatasi, menjaga kesehatan otak dan jaringan saraf. Tak ada salahnya, memasukkan tomat dalam menu harian Anda.

Kacang-kacangan

Dua jenis kacang yang dianjurkan adalah almond dan kenari. Di dalamnya mengandung banyak vitamin, mineral, dan nutrisi seperti ALA dan polifenol yang berkhasiat memperlambat penurunan daya ingat. Satu lagi jenis kacang yang baik dikonsumsi adalah kacang merah, di dalamnya terkandung vitamin B yang sangat erat hubungannya dengan fungsi sel-sel otak.

Ikan salmon

Di dalam ikan salmon terkandung asam lemak omega 3 yang tinggi DHA. Mengonsumsinya akan memperlancar pengiriman sinyal ke otak, sehingga tidak sering lupa. Omega 3 juga membantu mengatasi stres dan depresi.

Gandum

Selain berfungsi sebagai penunda rasa lapar, gandum juga mengandung vitamin yang baik untuk otak. Mengonsumsi gandum secara teratur dipercaya meningkatkan kemampuan ingatan, hal ini disebabkan karena bertambahnya asupan asam folat, vitamin B12 dan vitamin B12 yang terkandung dalam gandum. (Kabari1001)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here