Sirsak merupakan salah satu buah tropis yang cukup populer, karena aroma dan rasanya yang khas. Daging buahnya berwarna putih susu, rasanya manis keasaman dan berbiji kecil. Buah ini mudah didapatkan, mulai dari pasar tradisional sampai supermarket. Buah sirsak pun bisa diolah menjadi berbagai macam penyajian. Selain bervitamin,
sirsak juga banyak mengandung mineral dan zat fitokimia yang berkhasiat untuk kesehatan.

Sirsak punya banyak manfaat, di dalamnya terdapat zat-zat yang mampu menangkal asam urat, hipertensi, osteoporosis, dan bisa juga untuk obat awet muda. Khasiat lainnya, dapat meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan wasir, dan memperlancar pencernaan makanan. Hebatnya lagi, ada penelitian yang menyatakan sirsak bisa menyembuhkan kanker.

Rasanya yang manis-manis kecut, memberikan sensasi tersendiri bagi para penggemarnya. Sirsak  juga biasa disajikan dalam bentuk selai, jadi bagi Anda yang terbiasa sarapan pagi dengan roti, pasti tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. Apapun bentuk olahannya, cita rasa sirsak tetap melekat kuat pada produk, sehingga sangat mudah dikenali.

1001 KANDUNGAN SIRSAK

Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah. Selain banyak mengadung air, sirsak juga mengandung karbohidrat, salah satu karbohidrat yang terkandung adalah glukosa dan fruktosa dengan kadar 81,9 – 93,6 persen. Rasa kecut (asam) sirsak berasal dari asam organic non volatil, yaitu asam malat, asam sitrat dan asam isositrat yang baik untuk kesehatan.

Ada lagi yang lebih menggembirakan wanita atau bagi mereka yang berdiet, pasalnya sirsak mengadung sedikit lemak, dalam 100 gr sirsak hanya terkandung 0,3 gr, sehingga baik untuk berdiet.

Dalam 100 gr daging buah sirsak mengandung sekitar 20mg vitamin C. Tubuh kita membutuhkan kurang lebih 60mg vitamin C perhari, dan untuk memenuhi kebutuhan itu kita bisa mengonsumsi sekitar 300gr daging sirsak. Antioksidan yang terkandung pun mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan dini.

Kandungan mineral yang terkandung dalam sirsak meliputi fosfor dan kalsium, keduanya sangat baik untuk pembentukan dan perbaikan tulang sehingga menghambat pengeroposan tulang (osteoporosis). Dalam 100gr sirsak terkandung sekitar 27mg fosfor dan 14 mg kalsium, yang baik untuk tulang.

Sirsak mampu mengatasi hipertensi. Kadar natrium yang rendah, sekitar 14 mg/ 100gr dan memiliki kadar kalium yang tinggi yaitu 278/100gr, baik untuk mencegah dan penyakit hipertensi.

KEUNTUNGAN MAKAN SIRSAK

Konsumsi 100 gr daging buah sirsak dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat pangan sehari. Buah sirsak merupakan buah yang kaya akan senyawa fitokimia, sehingga dapat dipastikan bahwa buah tersebut sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Jus sirsak sangat baik untuk pencernaan, selain dapat meningkatkan selera makan, sari buah ini juga dapat mengobati sakit pinggang, wasir, batu empedu dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh. (1001)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here