Gejala flu dan cold ada yang sama seperti batuk dan bersin, tapi ada gejala lain untuk masing-masing.

Musim flu ini keliatannya akan cukup parah, terlihat dari aktifitas influenza yang mewabah di semua state kecuali Hawaii, demikian menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Sedikitnya 37 anak telah meninggal akibat komplikasi-komplikasi terkait flu sejak Oktober, dan mungkin akan lebih banyak korban, mengingat aktifitas flu dapat bertahan sampai Mei tahun ini. Mereka yang paruh baya pun telah terkena. Jumlah orang berumur 50 sampai 64 tahun yang telah dilarikan ke rumah sakit meningkat tajam, peringkat kedua setelah orang lanjut usia.

Setelah wabah berakhir, menurut perkiraan CDC, 700 ribu orang akan masuk rumah sakit karena flu.

CDC terus menegaskan pentingnya suntikan flu, dan belum terlambat untuk menerima suntikan flu, bahkan di bulan Februari. Para ahli juga menyarankan dokter untuk memberi resep antiviral, misalnya Tamiflu, untuk para pasien sesegera mungkin, karena obat tersebut akan lebih efektif apabila diresepkan lebih awal.

Jadi, bagaimana Anda bisa membedakan apakah Anda terkena flu atau sekedar cold biasa? Flu dan cold keduanya adalah penyakit pernapasan, tapi disebabkan oleh virus berbeda, demikian menurut CDC. Karena banyak kemiripannya, sulit untuk membedakannya. Tetapi ada beberapa perbedaannya, sebagai berikut:

Flu dan cold memiliki gejala seperti demam, batuk, bersin, hidung tersumbat dan tenggorokan sakit. Tetapi, gejala-gejala tersebut lebih terasa dan lebih intens apabila Anda terkena flu, dan gejala-gejala tersebut juga datangnya lebih cepat. Penderita cold lebih rentan terkena hidung tersumbat, sedangkan penderita flu lebih rentan terkena badan menggigil, dan rasa sakit dan nyeri di otot dan badan. Penderita flu biasanya mengalami lebih banyak gejala-gejala di atas, sedangkan cold hanya satu-dua gejala. Penderita flu badannya lemah, bahkan susah untuk bangun dari tempat tidur. Sedangkan penderita cold masih bisa masuk kerja.

SHARE
Previous article5 Tip Menangani Hasrat Pipis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here