Mengatasi organ kencing yang terlalu aktif.

Salah satu gejalanya adalah kencing lebih dari delapan kali sehari dan lebih dari sekali di malam hari. Berurusan dengan hasrat ingin pipis memang membuat frustrasi, menjengkelkan dan bahkan memalukan. Pipis yang terlalu sering akan membuat penderita harus merencanakan kapan akan ke kamar mandi.

Menurut National Association for Continence, “Diperkirakan 33 juta orang di Amerika harus berurusan dengan Kandung Kencing Overaktif. Dan setengah dari penderita Kandung Kencing Overaktif juga menderita Urgency Urinary Incontinence (Inkontinensia Urin Mendesak), yaitu ketika mengompol.

Hasrat mengompol yang kuat dan mendadak adalah satu tanda kandung kemih overaktif. Beberapa gejalanya adalah kencing lebih dari delapan kali sehari dan lebih dari sekali di malam hari. Kemih overaktif dapat membatasi kebebasan Anda, tetapi bisa ditanggulangi. Berikut lima tip untuk mengendalikan kunjungan Anda ke toilet.

Tip Menanggulangi Sering Pipis
1. Perhatikan apa yang Anda minum Alkohol dan minuman berkafein seperti kopi, teh dan soft drink adalah minuman diuretik yang dapat meningkatkan frekuensi urinasi. Secangkir kopi lebih berat bagi kandung kencing daripada segelas air putih, jadi ganti kopi dengan air putih.

2. Latihlah otot-otot panggul Anda. Kencangkan otot-otot yang mengelilingi bagian bawah kandung kemih dan uretra. Kosongkan kandung kemih, kencangkan dasar panggul, tahan lima detik dan lemaskan. Latihlah agar bisa sepuluh detik. Latihan ini disebut latihan Kagel. Menurut Mayo Clinic, “Untuk hasil terbaik, fokuslah untuk mengencangkan hanya otot dasar panggul Anda, bukan otot perut, paha, atau bokong. Jangan menahan napas, bernapaslah dengan bebas selama latihan.”

3. Ubah makanan Anda. Ganti makanan Anda dan kurangi makanan yang dapat mengiritasi kandung kemih. Buah-buahan seperti apel, cranberry, dan jenis sitrus dapat meningkatkan frekuensi kencing. Tomat dan makanan pedas juga membuat ingin kencing.

4. Kelola obat-obatan yang Anda minum. Obat relaksan otot, sedatif, antidepresan dan obat tekanan darah dapat memicu kemih overaktif. Sesuaikan waktu konsumsi obat-obatan tersebut.

5. Konsultasi dengan dokter. Kalau hasrat pipis tidak terkendali, waktunya konsultasi dokter. Jika tidak ada minuman atau makanan khusus yang memicu hasrat Anda, atau bila persoalan ini telah mengganggu keseharian Anda, atau bila Anda mengalami gejala problematik lainnya atau rasa sakit, konsultasikan dengan dokter.

Menurut Mayo Clinic, Anda harus berkonsultasi dengan dokter apabila Anda sering kencing dan disertai dengan salah satu tanda dan gejala berikut ini:

• Darah di urin Anda

• Urin berwarna merah atau coklat tua

• Kencing sakit

• Sakit di sisi atau bawah abdomen atau pangkal paha

• Susah buang air besar atau susah mengosongkan kemih

• Hasrat kuat untuk kencing

• Tidak bisa mengontrol kencing

• Demam

Gejala-gejala di atas adalah tanda-tanda kelainan pada saluran kencing dan bisa jadi merupakan tanda dari penyakit lain yang lebih serius. Jika gejala tidak berhenti, segera konsultasikan dengan dokter agar dapat dibuat rencana penanganan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here