Buah-buahan memang menyimpan sejuta manfaat bagi kesehatan, berbagai kandungan vitamin dan mineral di dalamnya memberikan nutrisi yang luar biasa jika dikonsumsi secara rutin.

Buah apel misalnya, selain sering dikonsumsi sebagai makanan diet, ternyata buah yang kaya akan serat dan vitamin ini bisa digunakan untuk mengatasi penyakit asma.

Penemuan ini baru saja dikembangkan di Inggris, melalui anak-anak usia lima sampai sepuluh tahun, hasil penelitian menyimpulkan mereka yang mengonsumsi
apel dapat terhindar dari penyakit asma.

Penelitian ini pun didukung hasil riset para ahli dari
Universitas Aberdeen, Inggris yang mengungkapkan, bahwa mengonsumsi apel secara rutin dapat mengurangi risiko asma pada anak saat masih dalam kandungan.

Apel sangat baik dikonsumsi calon ibu. Mereka yang mengonsumsi apel empat buah atau lebih dalam satu minggu, dapat menghindarkan risiko asma sampai 50 persen, dibanding calon ibu yang hanya mengonsumsi satu apel.

Dalam satu buah apel terkandung asam phenolik dan flavoinoid, pigmen ini berfungsi mempertahankan warna dalam apel dan jus apel, yang juga berkhasiat untuk meredakan peradangan dalam sistem pernapasan anak yang menjadi salah satu penyebab asma.

Selain berkhasiat untuk mengurangi risiko asma, apel juga bermanfaat mencegah pernyakit jantung dan kanker. Selain tinggi akan vitamin C, apel juga memiliki formula yang dapat membunuh sekitar 80 persen bakteri dalam mulut, sehingga memperkecil kerusakan pada gigi.

Apel pun memiliki rasa manis alami, sehingga aman dikonsumsi para penderita diabetes. Fruktosa yang dipecah relatif lambat, terutama bila dalam keadaan terkombinasi dengan serat apel.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here