Namanya juga mitos, kebenarannya masih belum pasti. Namun banyak dari kita yang terlanjur percaya mitos-mitos tersebut. Contohnya, masuk angin karena kehujanan atau kolesterol hanya menimpa orang-orang gemuk saja. Mitos-mitos itu secara tidak sadar sering kita terima bulat-bulat, padahal…

  1. dok. Allef Vinicius on Unsplash

    SERING MENCUKUR MENGAKIBATKAN BULU TUMBUH LEBIH LEBAT
    Ini hanya perasaan saja. Setiap mencukur kita pasti merasa bulu yang tumbuh di kemudian hari lebih lebat dan lebih banyak. Padahal tidak sama sekali.

 

dok. Alison Marras on Unsplash

2. MEMAKAN KALKUN MENGAKIBATKAN KANTUK
Rasa kantuk seseorang disebabkan oleh kandungan tryptophan atau asam amino dalam tubuh. Daging Kalkun tidak memiliki asam yang memungkinkan terciptanya zat-zat tersebut. Memakan banyak makanan dan minuman lah yang memungkinkan penyebab rasa kantuk itu.

 

dok. Chris Abney on Unsplash

3. MASUK ANGIN
Mungkin anda sering mendengar keluhan seperti ini, “aduh saya masuk angin nih, tadi habis kehujanan” Keluhan semacam itu bahkan dijadikan semacam pembenaran bagi kebanyakan orang, bahwa air hujan penyebab masuk angin. Benarkah? Kalau benar, kasihan sekali nasib para perenang yang setiap harinya harus jebar-jebur dengan air. Pasti mereka setiap hari masuk angin. Yang jelas penyakit-penyakit flu semacam itu disebabkan oleh bakteri influenza bukan oleh air hujan.

dok. Lilly Rum on Unsplash

4. MEMBACA DI TEMPAT REDUP
Bagi anda yang hobi membaca pasti pernah ditegur oleh orang tua atau teman anda, “Jangan membaca di tempat gelap, nanti mata jadi rusak”. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh  Aaron Carroll dan assisten professor pediatric di Regenstrief Institute, Indianapolis dan Rachel Vreeman yang dimuat British Medical Journal (21/12/07) menyimpulkan, membaca di tempat redup tidak akan menyebakan kerusakan permanen pada mata. Risiko yang paling mungkin terjadi adalah sulit fokus dan lebih sering berkedip.

dok. Robin Stickel on Unsplash

5. KOLESTEROL PENYAKITNYA ORANG KAYA
Pada dasarnya setiap orang punya kadar kolesterol di dalam tubuhnya. Bukan orang kaya saja yang punya kolesterol tapi semua orang yang hidup pasti punya. Hanya saja kadarnya yang berbeda. Penyebab kolesterol tertinggi biasanya dari pola makan yang tidak sehat seperti makan gorengan atau makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi.

dok. Alex Holyoake on Unsplash

6. RAMBUT DAN KUKU TETAP TUMBUH MESKI MANUSIA MATI
ini mungkin termasuk mitos yang sering kita dengar. Padahal sama sekali tidak. Ketika manusia mati, maka seluruh zat dan fungsi organ pun turut mati. Jadi tidak benar kuku atau rambut terus memanjang bila manusia mati. Ini terjadi karena setelah manusia mati, maka kulit  mengering dan susut, sehingga kuku atau rambut tampak menjadi panjang.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here